Rabu 22 Nov 2017 13:40 WIB

Dua Pesawat Boeing 747 Dilelang di Situs Belanja Rp 648 M

Rep: Silvy Dian Setiawan/Idealisa Masyrafina/ Red: Nidia Zuraya
Boeing 747-8
Boeing 747-8

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Dua pesawat Boeing 747 telah terjual di situs belanja e-commerce Cina, Taobao seharga lebih dari 320 juta yuan atau 48 juta dolar AS (setara dengan Rp 648 miliar dengan kurs Rp 13.500 per dolar AS).

Jet jumbo tersebut berasal dari perusahaan kargo yang tidak berfungsi dan pengadilan yang menangani kebangkrutan telah mencoba menjualnya selama bertahun-tahun. Dilansir dari BBC, Rabu (22/11), enam pelelangan offline sebelumnya telah gagal dan akhirnya pesawat tersebut disiapkan secara online.

Penawar tertinggi dan pemilik barunya adalah maskapai penerbangan China SF Airlines, mengalahkan 25 pihak yang berkepentingan lainnya. Taobao adalah situs lelang online yang mirip dengan eBay, milik raksasa e-commerce Cina, Alibaba.

Pesawat tersebut telah disimpan di gudang di kota Shanghai dan Shenzhen sejak 2013, setelah pemiliknya, Jade Cargo International, mengajukan kebangkrutan pada bulan September tahun itu.

Pesawat tersebut disita oleh pengadilan di kota selatan Shenzhen yang sejak saat itu telah mencari pembeli. Menurut kantor berita China Xinhua, jet ketiga tidak bisa dijual karena hanya ada satu pembeli yang mendaftar untuk pelelangan tersebut.

Ini bukan pertama kalinya sebenarnya bahwa situs lelang online menjual barang yang agak tidak biasa untuk jutaan dolar. Penjualan tertinggi yang pernah ada di eBay adalah deposit 85 juta dolar AS untuk superyacht atau kapal pesiar super pada tahun 2006, berada di puncak angka sebelumnya, sebuah jet charter Gulfstrem II terjual seharga 4,9 juta dolar AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement