Kamis 23 Nov 2017 01:22 WIB

Dua Unit Boeing 747 Terjual di Lelang Taobao Cina

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Agung Sasongko
Boeing 747 Dreamlifter berhasil lepas landas meninggalkan Bandara Jabara, Washington, pada Kamis (21/11/2013)
Foto: AP PHOTO
Boeing 747 Dreamlifter berhasil lepas landas meninggalkan Bandara Jabara, Washington, pada Kamis (21/11/2013)

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Dua unit pesawat Boeing 747 terjual di lelang kanal jual beli daring Cina, Taobao. Nilai transaksi kedua pesawat ini mencapai 320 juta yuan.

Pesawat jumbo jet ini sebelumnya milikJade Cargo Internationalyang divonis pailit pada September 2013 dan tengah berusaha menjual aset-aset mereka. Dalam enam lelang riil, pesawat ini tak ada yang menawar sehingga mereka melelangnya di kanal jual beli daring.

 

Penawar tertinggi lelang ini adalah maskapai domestik Cina, SF Airlines. SF Airlines berhasil mengalahkan 25 penawar lainnya, demikian dilansir BBC, Selasa (22/11).

 

Taobao merupakan kanal lelang daring serupa eBay. Taobao sendiri merupakan salah satu unit bisnis milik raksasa jual beli daring, Alibaba.

 

Dua unit jumbo jet ini diparkir di Shanghai dan Shenzen sejak 2013 lalu.Jade Cargo International sudah berulang kali berusaha menjual jumbo jet itu, namun gagal.

 

Lelang jumbo jet ini bukan kali pertama lelang aneh bernilai jutaan dolar yang dilakukan Taobao. Barang termahal di eBay merupakan sebuah superyacht seharga 85 juta dolar AS pada 2006. Sebelumnya juga sebuah jet sewaan berhasil dijual dengan harga 4,9 juta dolar AS.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement