Rabu 01 Feb 2023 17:04 WIB

Ucapkan Selamat Tinggal, Boeing Kirim Jet Jumbo 747 Terakhir

Boeing 747 terakhir dikirim untuk maskapai Atlas Air.

Boeing 747 terakhir ditampilkan di pabrik perakitan selama upacara pengiriman jumbo jet ke Atlas Air, Selasa, 31 Januari 2023, di Everett, Washington. Sejak debutnya pada tahun 1969, 747 telah berfungsi sebagai kargo pesawat, pesawat komersial yang mampu membawa hampir 500 penumpang, dan pesawat kepresidenan Air Force One.
Foto: AP Photo/John Froschauer
Boeing 747 terakhir ditampilkan di pabrik perakitan selama upacara pengiriman jumbo jet ke Atlas Air, Selasa, 31 Januari 2023, di Everett, Washington. Sejak debutnya pada tahun 1969, 747 telah berfungsi sebagai kargo pesawat, pesawat komersial yang mampu membawa hampir 500 penumpang, dan pesawat kepresidenan Air Force One.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Boeing mengucapkan selamat tinggal pada sebuah ikon pada Selasa (31/1/2023) dengan mengirimkan jet jumbo 747 terakhirnya. Ribuan pekerja yang membantu membangun pesawat selama 55 tahun terakhir melepas pengiriman terakhir tersebut.

Sejak penerbangan pertamanya pada 1969, jet raksasa 747 telah berfungsi sebagai pesawat kargo, pesawat komersial yang mampu membawa hampir 500 penumpang, transportasi untuk pesawat ulang-alik NASA, dan pesawat kepresidenan Air Force One. Ini merevolusi perjalanan, menghubungkan kota-kota internasional yang belum pernah memiliki rute langsung dan membantu mendemokratisasikan penerbangan penumpang.

Baca Juga

Tetapi selama sekitar 15 tahun terakhir, Boeing dan saingannya di Eropa, Airbus, telah memperkenalkan pesawat berbadan lebar yang lebih menguntungkan dan hemat bahan bakar, dengan hanya memelihara dua mesin, bukan empat seperti milik 747. 

Pesawat terakhir adalah yang ke-1.574 yang dibangun oleh Boeing di wilayah Puget Sound di negara bagian Washington. Ribuan pekerja bergabung dengan Boeing dan eksekutif industri lainnya dari seluruh dunia, serta aktor dan pilot John Travolta, yang telah menerbangkan 747, untuk upacara di pabrik besar perusahaan di utara Seattle, menandai pengiriman yang terakhir ke kargo pembawa Atlas Air.

“Jika Anda menyukai bisnis ini, Anda telah mengkhawatirkan momen ini (akan tiba). Tidak ada lagi yang menginginkan pesawat bermesin empat,” kata analis penerbangan lama Richard Aboulafia.

Boeing mulai membangun 747 setelah kehilangan kontrak untuk transportasi militer besar, C-5A. Idenya adalah memanfaatkan mesin baru yang dikembangkan untuk transportasi, yaitu mesin turbofan bypass tinggi, yang membakar lebih sedikit bahan bakar dengan melewatkan udara di sekitar inti mesin, memungkinkan jangkauan penerbangan yang lebih jauh.

photo
Desi Evans, 92, tertawa ketika berbicara tentang bekerja pada 747 pertama lebih dari 50 tahun yang lalu sebelum upacara pengiriman jumbo jet Boeing 747 terakhir, Selasa, 31 Januari 2023, di Everett, Washington. Sejak debutnya pada tahun 1969, 747 berfungsi sebagai pesawat kargo, pesawat komersial yang mampu mengangkut hampir 500 penumpang, dan pesawat kepresidenan Air Force One. - (AP Photo/John Froschauer)

Butuh lebih dari 50 ribu pekerja Boeing dalam waktu kurang dari 16 bulan untuk menghasilkan 747 pertama, upaya Hercules yang membuat mereka mendapat julukan 'The Incredibles'. Produksi jet jumbo membutuhkan pembangunan pabrik besar di Everett, utara Seattle - bangunan terbesar di dunia berdasarkan volume. Pabrik itu bahkan belum selesai ketika pesawat pertama selesai.

Di antara mereka yang hadir adalah Desi Evans (92 tahun) yang bergabung dengan Boeing di pabriknya di Renton, selatan Seattle, pada tahun 1957 dan menghabiskan 38 tahun di perusahaan tersebut sebelum pensiun. Suatu hari di tahun 1967, bosnya memberi tahu dia akan bergabung dengan program 747 di Everett.

“Ketika 747 pertama diluncurkan, itu adalah waktu yang luar biasa,” katanya sambil berdiri di depan pesawat terakhir, yang diparkir di luar pabrik.

 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement