Senin 25 Apr 2016 10:49 WIB

Mampu Kendalikan Inflasi, 13 Klaster Ini Dapat Penghargaan BI

Rep: c37/ Red: Nidia Zuraya
Inflasi, ilustrasi
Foto: Pengertian-Definisi.Blogspot.com
Inflasi, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Indonesia (BI) memberikan penghargaan kepada 13 klaster terbaik yang dinilai sukses dalam mengembangkan klaster yang mendukung program pengendalian inflasi. 

Penghargaan diberikan oleh Gubernur BI, Agus DW Martowardojo dalam acara Apresiasi Kinerja Program Pengendalian Inflasi Bank Indonesia di Gedung BI, Jakarta, Senin (25/4). 

Kesuksesan tersebut dinilai berdasarkan beberapa kriteria, seperti modal sosial yang kuat, kelembagaan, kepemimpinan dan visi, kemitraan dan networking, pemberdayaan ekonomi daerah/masyarakat, akses pasar, infrastruktur yang mendukung, inovasi, kompetensi dan keahlian, ramah lingkungan dan dukungan stakeholder.

Klaster adalah salah satu pendekatan komprehensif dari hulu ke hilir dengan mengelompokkan kegiatan yang saling berhubungan, baik industri pendukung, jasa penunjang, infrastruktur ekonomi, penelitian, pelatihan, dan hal terkait lainnya. Dengan pendekatan ini diharapkan akan memperoleh manfaat sinergi dan efisiensi yang tinggi dibandingkan jika bekerja sendiri.

Agus menjelaskan, apresiasi Kinerja Program Pengendalian Inflasi BI bertujuan untuk mendorong, menginspirasi dan mempercepat replikasi program pengembangan komoditas penyumbang inflasi dengan pendekatan klaster. 

"Selain itu, dengan kegiatan ini diharapkan juga dapat meningkatkan awareness para pemangku kepentingan mengenai pentingnya koordinasi dalam pengendalian inflasi baik di daerah maupun secara nasional," kata Agus.

Apresiasi Kinerja Program Pengendalian Inflasi tersebut diberikan kepada klaster baik binaan Bank Indonesia maupun Pemerintah Daerah, dalam beberapa kategori yakni kategori sub sektor tanaman pangan, kategori sub sektor hortikultura, kategori sub sektor peternakan/perikanan dan kategori inovatif dan kategori potensial.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement