Rabu 10 Feb 2016 18:43 WIB

Bertemu Jokowi, KEIN Janji Rampungkan Roadmap Industrialisasi

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Nidia Zuraya
Industri tekstil
Foto: Rezza Estily/Antara
Industri tekstil

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Arif Budimanta mengatakan, KEIN menargetkan roadmap atau peta jalan industrialisasi rampung pada kuartal I 2016. Peta jalan industrialisasi ini menjadi salah satu tugas utama dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membentuk KEIN. 

"Roadmap industrialisasi akan kami coba rampungkan paling lambat Maret 2016," kata Arif seusai menghadiri rapat dengan Presiden Jokowi bersama para pengurus KEIN di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (10/2). 

Arif belum bisa merinci seperti apa roadmap industrialisasi yang sedang disusun KEIN. Pada intinya, kata dia, untuk menumbuhkan kembali industri di Indonesia, harus ada kebijakan agar industri besar turut menggerakkan industri kecil. Selama ini, industri besar dinilai terlalu dominan dalam bisnis dari hulu ke hilir. 

Arif menambahkan, ada lima poin penting yang diharapkan dapat dicapai dengan pembentukan peta jalan industrialisasi ini. "Tujuannya menciptakan lapangan pekerjaan yang banyak di masyarakat, menurunkan kemiskinan, mempersempit kesenjangan, mengurangi inflasi, dan tentu saja pertumbuhan ekonomi tetap tinggi,” kata Arif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement