Kamis 07 Aug 2014 13:40 WIB

Moody's: Rencana Bank Sentral Pakistan Akan Dorong Ekonomi Syariah

Rep: Ichsan Emrald Alamsyah/ Red: Nidia Zuraya
Bank Sentral Pakistan.
Foto: wordpress.com
Bank Sentral Pakistan.

REPUBLIKA.CO.ID, KARACHI -- Lembaga Pemberi Rating Kredit, Moody's menyatakan rencana strategis Bank sentral Pakistan (State Bank of Pakistan) akan mendorong pertumbuhan aset bank syariah. Karena rencana dengan jangka waktu lima tahun itu akan meningkatkan permintaan masyarakat atas produk syariah.

Kepala Keuangan Islam Global Moody's, Khalid Howladar, menyampaikan kalau lembaga yakin inisiatif yang strategis ini akan mendorong pertumbuhan aset yang besar. Selain itu, juga mendorong partisipasi masyarakat dan modal bagi pertumbuhan bank syariah.

Meski ada optimisme, namun Moody's mencatat ada hal krusial terkait meningkatnya suku bunga. Hal ini bisa menekan underwriting dan infrastruktur manajemen resiko.

Simpanan di perbankan syariah di Pakistan pada triwulan pertama 2014 meningkat senilai 23,8 persen jika dibandingkan periode sebelumnya. Nominalnya hingga Maret 2014, mencapai 872 miliar rupee Pakistan. Sementara pangsa pasar simpanan masyarakat di bank syariah berhasil tumbuh satu persen hingga Maret menjadi 10,7 persen. Padahal setahun sebelumnya pangsa pasar syariah hanya 9,7 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement