Selasa 17 Apr 2012 12:32 WIB

Bank Dunia Tunjuk Warga AS Keturunan Korea Jadi Ketua

Jim Yong Kim, ketua baru Bank Dunia
Foto: jhaines6.wordpress.com
Jim Yong Kim, ketua baru Bank Dunia

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON - Bank Dunia memilih seorang dokter berkewarganegaraan Amerika Serikat keturunan Korea, Jim Yong Kim, sebagai ketua lembaga tersebut pada Senin (16/4) waktu setempat. Keputusan itu tidak terlalu mengejutkan sekaligus kembali menegaskan kekuasaan Amerika Serikat terhadap Bank Dunia.

Kim (52), ahli kesehatan dan pendidik, mengalahkan kendidat lainnya Menteri Keuangan Nigeria Ngozi Okonjo-Iweala. Sebelumnya, Okonjo-Iweala didukung oleh kekuatan dari negara berkembang yang ingin melihat lembaga peminjam keuangan untuk pembangunan tersebut dipimpin oleh kalangan mereka sendiri.

Kim akan menggantikan ketua sebelumnya Robert Zoellick, mantan diplomat Amerika Serikat yang akan turun jabatan pada Juni ini untuk mengakhiri lima tahun masa jabatannya. Setelah untuk pertama kalinya terdapat kompetisi untuk jabatan tersebut, Bank Dunia mengekspresikan apresiasi yang dalam terhadap Kim, Okonjo-Iweala, dan kandidat ketiga yang mengundurkan diri pada Jumat lalu, Jose Antonio Ocampo, ekonom asal Kolombia.

"Mereka telah memperkaya diskusi soal peran yang seharusnya dijalankan oleh Ketua Bank Dunia dan juga masa depan organisasi ini sendiri," tulis Bank Dunia dalam pernyataannya. "Para kandidat memperoleh dukungan dari berbagai negara yang berbeda, hal ini menunjukkan kualitas mereka," kata Bank Dunia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement