Selasa 22 Oct 2024 20:11 WIB

Soal Target Prabowo, Zulhas: Tentu Kita Sudah Punya Strategi Menuju Swasembada Pangan

Prabowo Subianto menyatakan komitmen Indonesia menuju swasembada pangan.

Rep: Fredikus Dominggus/ Red: Muhammad Hafil
Zulkifli Hasan
Foto: Republika/Thoudy Badai
Zulkifli Hasan

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Presiden Prabowo Subianto menargetkan sejumlah gagasan penting dalam pemerintahannya. Artinya, ini perlu dicapai dalam lima tahun ke depan.

Salah satunya perihal Swasembada Pangan. Menteri Koordinator Bidang Pangan, Zulkifli Hasan merespon hal itu lewat media sosial pribadinya. Tanggung jawab besar menantinya.

Baca Juga

"Tentu kita sudah punya garis strateginya, mudah-mudahan dalam lima tahun ini bisa dengan cepat untuk kita kembangkan, sehingga kita bisa swasembada," kata Zulhas, di Jakarta, Selasa (22/10/2024).

Ia mengharapkan doa dan dukungan semua pihak. Ia mengkoordinir sejumlah Lembaga/kementerian. Ada Kementerian Pertanian, Kementerian Kehutanan, dan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Saatnya bergerak cepat. Para menteri terkait siap berkolaborasi demi mewujudkan target Presiden. Kementan juga mulai bersinergi dengan Kementerian BUMN terkait hal ini.

"Tidak mudah, tetapi tak ada yang tak mungkin bagi orang optimis dan senantiasa ikhtiar," ujar Zulhas.

Presiden Prabowo Subianto menyatakan komitmen Indonesia menuju swasembada pangan dan energi sebagai langkah utama guna menghadapi tantangan global yang makin kompleks. Komitmen tersebut disampaikan pada pidato pertamanya usai Pengucapan Sumpah sebagai Presiden Republik Indonesia di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD, Jakarta, pada Ahad, 20 Oktober 2024.

"Saya telah mencanangkan bahwa Indonesia harus segera swasembada pangan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Kita tidak boleh bergantung dari sumber makanan dari luar,"  kata Prabowo.

Presiden menyampaikan dalam situasi krisis global, negara-negara lain akan mengutamakan kepentingan domestiknya. Untuk itu, Indonesia harus mampu memproduksi dan memenuhi kebutuhan pangan nasional secara mandiri.

"Saya sudah mempelajari bersama pakar-pakar yang membantu saya, saya yakin paling lambat 4-5 tahun kita akan swasembada pangan. Bahkan kita siap menjadi lumbung pangan dunia," ujar Prabowo.

Selain ketahanan pangan, Presiden  juga menekankan pentingnya mencapai swasembada energi. Ia mengingatkan ketergantungan pada sumber energi luar negeri menjadi ancaman serius di tengah ketegangan geopolitik global.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement