Kamis 08 Aug 2024 19:41 WIB

Peringatan HUT RI di Dua Istana Jadi Sejarah Baru Indonesia

Pemerintah berupaya memberikan rasa nyaman dan kepuasan bagi para tamu.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ahmad Fikri Noor
Suasana pembangunan proyek di IKN Nusantara, Kalimantan Timur.
Foto: Waskita Karya
Suasana pembangunan proyek di IKN Nusantara, Kalimantan Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Kementerian Sekretariat Negara (Setneg) Yusuf Permana mengatakan persiapan upacara peringatan detik-detik proklamasi sejauh ini berjalan dengan baik. Yusuf menyampaikan pemerintah terus melakukan rapat koordinasi mingguan untuk mengecek dan mengevaluasi perkembangan persiapan di lapangan.

"Sarana dan prasarana di Istana Negara IKN dan Istana Merdeka Jakarta sampai saat ini terus dilakukan penyelesaian dan penyempurnaan agar saatnya nanti dapat dengan baik digunakan," saat dihubungi Republika di Jakarta, Kamis (8/8/2024).

Baca Juga

Yusuf mengatakan peringatan HUT ke-79 RI akan berbeda lantaran digelar di dua tempat yakni Istana IKN dan Istana Jakarta. Yusuf memastikan pemerintah berupaya memberikan rasa nyaman dan kepuasan bagi para tamu yang hadir di Istana IKN dan Jakarta.

"Acara ini akan menjadi sejarah kıta semua bangsa Indonesia karena kita akan memperingati detik-detik proklamasi dari dua tempat yang berbeda di IKN dan di Jakarta," ucap Yusuf.

Yusuf menyampaikan akomodasi dan moda transportasi akan menjadi tantangan tersendiri. Selain itu, lanjut Yusuf, persoalan jaringan juga menjadi perhatian mengingat pentingnya koneksi gambar maupun komunikasi dari dua tempat berbeda dalam satu acara.

"Sampai saat ini, kamı terus melakukan simulasi-simulasi dan gladi-gladi agar upacara nanti dapat berjalan dengan baik dan lancar, termasuk dari sisi jaringan yang juga harus terkoneksi dengan baik," kata Yusuf.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement