Senin 29 Jul 2024 15:31 WIB

Luncurkan Aplikasi M-STOCK, Mirae Asset Tingkatkan Investor Aktif Pasar Modal

M-STOCK memudahkan investor Mirae Asset dalam mengambil keputusan investasi.

Pengguna membuka aplikasi M-STOCK dari Mirae Asset Indonesia.
Foto: Dok Republika
Pengguna membuka aplikasi M-STOCK dari Mirae Asset Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia menargetkan dapat meningkatkan angka investor aktif di pasar modal. Salah satu upayanya adalah dengan meluncurkan aplikasi transaksi saham mobile bernama M-STOCK yang dapat memudahkan penggunanya berinvestasi dan bertransaksi di pasar saham. 

Direktur Mirae Asset Tomi Taufan mengatakan peluncuran aplikasi itu diharapkan dapat meningkatkan literasi investasi pasar modal dan kemapanan masyarakat. Dia menuturkan persentase investor aktif Mirae Asset lebih dari 35 persen yang jauh di atas rata-rata industri sekitar 20 persen dari total investor saham dan 9 persen dari total jumlah investor pasar modal (saham, obligasi, dan reksa dana). 

Baca Juga

“Kami berharap aplikasi M-STOCK dapat melengkapi fitur-fitur yang ada di aplikasi kami sebelumnya yaitu HOTS sehingga nasabah akan lebih mudah bertransaksi sekaligus meningkatkan jumlah investor yang aktif di pasar saham dan pasar modal,” ujar Tomi dalam keterangan pers, Senin (29/7/2024).

Data Bursa Efek Indonesia (BEI) menunjukkan bahwa per Mei 2024 jumlah investor saham yang aktif mencapai 1.142.000 orang. Sementara jumlah total investor saham 5.720.000 orang dan jumlah investor pasar modal 12.936.000 orang. 

Per akhir tahun lalu, jumlah nasabah Mirae Asset mencapai sekitar 300.000 orang. Jumlah ini termasuk 30.000 investor reksa dana terkait dengan izin yang dimiliki perusahaan sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD).

Tomi mengatakan peluncuran aplikasi mobile M-STOCK menandai era baru dalam bertransaksi saham karena penggunaannya yang lebih mudah (user friendly) sehingga dapat menjangkau dan meningkatkan jumlah investor dan trader saham. 

Selain meningkatkan jumlah investor dan trader saham, M-STOCK juga memudahkan bertransaksi saham terutama bagi investor baru (newbie) sehingga diharapkan dapat meningkatkan jumlah investor saham yang aktif di pasar modal. 

Menurut dia, M-STOCK juga didukung dengan Teknologi Informasi (TI) yang menjadi keunggulan Mirae Asset terutama dari sisi tampilanm kelengkapan fitur, serta rekomendasi transaksi yang kredibel dan lengkap. Dengan kemudahan-kemudahan itu, lanjutnya, investor dapat lebih nyaman dan berani mengambil keputusan berinvestasi dan bertransaksi saham.

M-STOCK adalah aplikasi transaksi saham di gawai mobile. Aplikasi yang yang dapat diunduh melalui Google Play Store dan App Store serta melalui link https://masi.id/downloadmstock itu memiliki kegunaan dan kemudahan untuk membuat keputusan investasi yang tepat dan dengan lebih nyaman. Pemilik rekening Mirae Asset juga masih dapat menggunakan aplikasi mobile Neo HOTS dan aplikasi HOTS di PC.

“Kami berharap M-STOCK dapat menjadi disrupsi TI yang positif karena mendukung tujuan kami mendemokratisasi investasi dan meluaskan literasi keuangan. Dengan demikian, kami juga dapat menjaga masyarakat untuk mencapai kemapanan dan tujuan investasi mereka karena saat ini masih rentan terjebak sisi negatif disrupsi TI, terutama penyalahgunaan judi online dan pinjaman online,” tutur Tomi.

Selain investasi saham, Mirae Asset juga menawarkan puluhan reksa dana yang dikelola belasan manajer investasi melalui aplikasi NAVI untuk menjalankan fungsinya sebagai APERD.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement