Kamis 27 Jun 2024 10:05 WIB

Kemenkeu: Batam Jadi Kontributor Terbesar PDRB Kepri Karena FTZ dan KEK 

Kota Batam merupakan kontributor terbesar terhadap pertumbuhan ekonomi Kepri.

Rep: Eva Rianti/ Red: Gita Amanda
Sejumlah kendaraan melintasi proyek pengembangan jalan yang menghubungkan kawasan industri dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Batam, Kepulauan Riau, (ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/Teguh Prihatna
Sejumlah kendaraan melintasi proyek pengembangan jalan yang menghubungkan kawasan industri dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Batam, Kepulauan Riau, (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM – Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kepulauan Riau (DJPb Kepri) Kementerian Keuangan RI Indra Soeparjanto mengatakan, Kota Batam merupakan kontributor terbesar terhadap pertumbuhan ekonomi Kepri. Menurutnya, hal itu berkat diantaranya pemberlakuan Free Trade Zone (FTZ) dan kawasan ekonomi khusus (KEK) di Batam.

“Pertumbuhan ekonomi Kepri atau PDRB Kepri 65 persen diproduksi oleh Batam. Jadi, Batam berkontribusi 65 persen, lalu (wilayah Kepri lain diantaranya) 7 persen Bintan, 7 persen Tanjung Pinang, 7 persen Natua, 5 persen Karimun. Setengah lebih ada di Batam,” ujar Indra kepada wartawan dalam acara Press Tour Kemenkeu yang digelar di kawasan Harbour Bay, Batam, Kepri, Rabu (26/6/2024).

Baca Juga

Mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS), ekonomi Kepri pada triwulan 1-2024 secara year on year (yoy) tumbuh sebesar 5,01 persen. Pertumbuhan itu didorong oleh kategori konstruksi yang memiliki andil pertumbuhan 2,53 persen dan kategori industri pengolahan yang memberikan andil pertumbuhan 1,65 persen.

Perekonomian Kepri triwulan 1-2024 yang diukur berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku (ADHB) mencapai Rp 85,60 triliun dan atas dasar harga konstan (ADHK) mencapai Rp 51,25 triliun.

Menurut penuturan Indra, pertumbuhan ekonomi itu merupakan dampak dari fasilitas Batam sebagai FTZ dan KEK. Fasilitas itu menjadi stimulus kelancaran pergerakan ekonomi di wilayah tersebut dengan bergulirnya para investor.

“Pasti (dampak FTZ dan KEK). Dengan adanya fasilitas-fasilitas itu investor masuk ke sini. Dari zaman Otorita Batam, kemudian jadi FTZ, dan kemudian KEK, semakin banyak industri yang masuk berarti kan skala ekonominya terus berkembang,” tuturnya.

Indra mencontohkan diantara bentuk keseriusan yang dilakukan adalah gencarnya pembangunan jalan hingga lima jalur. Fasilitas itu menjadi salah satu yang memudahkan pergerakan dari sentra-sentra industri menuju ke pelabuhan. Sehingga perekonomian pun kian menggeliat. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement