Selasa 16 Apr 2024 13:10 WIB

BI Ungkap Upaya Jaga Stabilitas Rupiah di Tengah Ancaman Perang

BI juga meningkatkan daya tarik aset rupiah untuk mendorong aliran modal masuk asing.

Bank Indonesia melakukan triple intervention sebagai langkah untuk menjaga stabilitas nilai tukar rupiah.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Bank Indonesia melakukan triple intervention sebagai langkah untuk menjaga stabilitas nilai tukar rupiah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Indonesia (BI) melakukan sejumlah langkah penting untuk menjaga kestabilan rupiah usai libur Lebaran serta di tengah memanasnya konflik di Timur Tengah dan dinamika perkembangan perekonomian Amerika Serikat (AS).

"Selama libur Lebaran, pasar non delivareble forward (NDF) IDR di offshore juga sudah tembus di atas Rp16.000 atau sudah di sekitar Rp16.100, sehingga rupiah dibuka di sekitar angka tersebut," kata Kepala Departemen Pengelolaan Moneter (DPM) BI Edi Susianto kepada ANTARA di Jakarta, Selasa (16/4/2024).

Baca Juga

Adapun langkah-langkah yang dilakukan BI untuk menstabilkan nilai tukar rupiah, yakni dengan menjaga keseimbangan supply-demand valuta asing (valas) di pasar melalui triple intervention khususnya di spot dan domestic non-deliverable forward (DNDF).

BI juga meningkatkan daya tarik aset rupiah untuk mendorong aliran modal masuk asing (capital inflow), seperti melalui daya tarik Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI) dan hedging cost.

Kemudian, BI akan melakukan koordinasi dan komunikasi dengan pemangku kepentingan terkait, seperti pemerintah, Pertamina dan lainnya.

Edi mengatakan selama periode libur Lebaran terdapat perkembangan di global di mana rilis data fundamental Amerika Serikat makin menunjukkan bahwa ekonomi Amerika Serikat masih cukup kuat seperti data inflasi dan retail sales yang di atas ekspektasi pasar.

Selain itu, memanasnya konflik di Timur Tengah khususnya konflik Iran dan Israel turut mempengaruhi perubahan nilai tukar rupiah.

Perkembangan tersebut menyebabkan makin kuatnya sentimen risk-off di pasar, sehingga mata uang emerging market khususnya Asia mengalami pelemahan terhadap dolar AS.

Indeks dolar AS selama periode libur Lebaran menguat sangat signifikan yaitu dari 104 menjadi di atas 106, bahkan per Selasa pagi (16/4/2024) sudah mencapai angka 106,3.

Untuk itu, BI akan terus memantau perkembangan global dan domestik serta proaktif melakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga stabilisasi nilai tukar rupiah.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement