Jumat 12 Apr 2024 14:21 WIB

Apakah Asuransi Mobil Listrik Lebih Mahal? Ini Rinciannya

Kendaraan listrik diasuransikan dengan kebijakan yang sama seperti mobil lainnya.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Sebuah mobil listrik Toyota terlihat di Bangkok International Motor Show di Bangkok, Thailand, 30 Maret 2022. Toyota investasi 50 miliar baht untuk mengembangkan mobil listrik di Thailand.
Foto:

1. Carilah diskon EV

Contohnya, Geico, Nationwide, State Farm, dan USAA semuanya menawarkan diskon hingga 10 persen untuk mengendarai EV 

2. Paket asuransi rumah dan mobil 

Kebanyakan perusahaan asuransi menawarkan diskon untuk menggabungkan asuransi mobil Anda dengan asuransi rumah atau penyewa. Contohnya, Allstate menawarkan diskon hingga 25 persen saat Anda membuat paket. 

Tambahan lainnya termasuk pengampunan kecelakaan, bonus berkendara aman yang diperbarui setiap enam bulan, dan kredit 100 dolar AS Atau Rp 1,6 juta untuk pengurangan tabrakan Anda setiap tahun tanpa pelanggaran mengemudi. 

3. Tingkatkan pengurangan Anda 

Pengurangan Anda adalah jumlah yang Anda bayarkan sendiri sebelum operator Anda membayar apa pun. Umumnya, semakin tinggi pengurangan Anda, semakin rendah premi Anda. 

Jika Anda memiliki catatan mengemudi yang bersih tanpa kecelakaan, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk meningkatkan pengurangan Anda. Namun, pertimbangkan situasi keuangan Anda terlebih dahulu, karena Anda harus mengeluarkan lebih banyak uang jika mengalami kecelakaan. 

4. Tingkatkan kredit Anda 

Contoh dari poin keempat ini adalah di semua kecuali empat negara bagian (California, Hawaii, Massachusetts, dan Michigan), perusahaan asuransi menggunakan nilai kredit untuk membantu menentukan tarif. Pengemudi dengan kredit buruk rata-rata membayar dua kali lebih banyak untuk sebuah polis dibandingkan mereka yang memiliki asuransi yang sangat baik, menurut laporan tahun 2023 dari Federasi Konsumsi Amerika. 

5. Perusahaan-perusahaan teratas untuk asuransi mobil EV

Mengasuransikan kendaraan listrik tidak jauh berbeda dengan mengasuransikan mobil bertenaga bahan bakar, meskipun Anda mungkin menemukan bahwa beberapa perusahaan menawarkan diskon khusus EV atau manfaat lainnya yang lebih baik. 

Travellers Auto Insurance menawarkan diskon hingga 10 persen untuk mobil-mobil hybrid dan listrik. Itu belum termasuk selusin diskon lainnya, termasuk untuk mobil di bawah tiga tahun dan untuk mendapatkan penawaran sebelum polis Anda saat ini berakhir. 

 

Hal lainnya yang perlu diketahui juga adalah beberapa kendaraan listrik mungkin lebih mahal untuk diasuransikan karena harganya lebih mahal atau lebih sulit diperbaiki. Jika baterai Anda rusak karena kecelakaan atau peristiwa lain yang ditanggung oleh asuransi Anda, polis Anda akan menanggung penggantian atau perbaikan baterai.

Kebijakan yang digunakan untuk mengasuransikan kendaraan listrik sama dengan kebijakan untuk mobil bertenaga bahan bakar. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement