Selasa 09 Apr 2024 02:30 WIB

XL Axiata Perkuat Jaringan di Tiga Jalur Utama Penyeberangan Laut

Penguatan jaringan membuat sinyal 4G transportasi laut bisa meningkat signifikan.

XL Axiata.
Foto: Antara/Novrian Arbi
XL Axiata.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT XL Axiata Tbk memperkuat jaringan di tiga jalur utama penyeberangan laut yaitu Merak – Bakauheni, Ketapang – Gilimanuk, dan Padang Bai – Lembar yang mengalami kepadatan saat arus mudik.

Untuk keperluan ini, XL Axiata menambahkan kapasitas baru, upgrade teknologi dan newsite. "Jadi selama berada di kapal penyeberangan, pelanggan akan bisa mendapatkan sinyal 4G yang kuat sehingga bisa dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas akses data," kata Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa dalam keterangan di Jakarta, Senin (8/4/2024).

Baca Juga

Gede menambahkan, secara teknis, dengan adanya penguatan jaringan yang mampu menjangkau area jalur penyeberangan laut ini, sinyal 4G bisa meningkat secara signifikan. Dengan begitu, selama perjalanan di atas kapal feri, pelanggan akan semakin nyaman melakukan streaming video, mengakses gim, browsing dan sebagainya.

Saat di laut, akses internet bisa menjangkau hingga 95 Mbps. Sebelum ada penguatan, pelanggan cenderung kesulitan akses internet saat kapal sudah di tengah laut karena semakin jauh dari BTS yang melayani. Selain kecepatan, fasilitas ini juga memungkinkan layanan bagi penumpang dalam jumlah yang lebih besar.

Sepanjang tahun, jutaan penumpang menyeberangi masing-masing dari ketiga jalur penyeberangan yang ramai tersebut. Merak – Bakauheni sepanjang 16 mil laut dengan waktu tempuh sekitar 2 jam yang menghubungkan Jawa dengan Sumatra, serta Ketapang – Gilimanuk sejauh sekitar 3 mil laut dengan waktu tempuh sekira 1 jam yang menghubungkan Jawa dengan Bali. Sementara itu, jalur Padang Bai – Lembar sejauh 38 mil laut dengan waktu tempuh sekira 4,5 jam menghubungkan Bali dengan Lombok.

Penguatan akses internet di jalur penyeberangan laut ini sekaligus melengkapi kesiapan jaringan XL Axiata dalam menghadapi momen libur panjang Lebaran yang sudah mulai bergulir akhir pekan ini. Penguatan jaringan telekomunikasi perlu dilakukan sebagai antisipasi potensi lonjakan trafik penggunaan data di saat libur panjang Lebaran.

 

 

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement