Ahad 31 Mar 2024 01:30 WIB

Antisipasi Lonjakan Trafik, XL Axiata Perkuat Infrasruktur

Penguatan infrastruktur jaringan termasuk pengukuran pengalaman pelanggan.

Teknisi melakukan pemeliharaan perangkat BTS di kawasan wisata Nepal Van Java lereng Gunung Sumbing, Magelang, Jawa Tengah, Senin (7/6/2021)
Foto: ANTARA/Anis Efizudin
Teknisi melakukan pemeliharaan perangkat BTS di kawasan wisata Nepal Van Java lereng Gunung Sumbing, Magelang, Jawa Tengah, Senin (7/6/2021)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Guna mengantisipasi lonjakan trafik saat libur Lebaran, perusahaan telekomunikasi PT XL Axiata Tbk (XL Axiata), memperkuat infrastrukturnya.

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, dalam keterangan di Jakarta, Sabtu (30/3/2024), menyampaikan, XL Axiata, memiliki sekitar 59 BTS 4G di sepanjang Jalan Tol Trans Sumatra Palembang – Lampung. "Ruas itu merupakan ruas utama paling ramai di Sumatra dan menjadi jalur mudik utama mudik Lebaran," kata Gede.

Baca Juga

Belum lama ini, di sepanjang ruas tol yang menghubungkan Sumatra Selatan dengan Lampung dan juga ke arah Jawa tersebut terdapat penambahan sekitar 10 BTS 4G di wilayah Ogan Komering Ilir dan Lampung Selatan. Selain itu, XL Axiata juga melakukan penambahan kapasitas di 195 BTS yang berada di Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Tengah, Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Pesawaran, Tulangbawang Barat, dan Kota Palembang.

Dalam dua tahun terakhir, terdapat peningkatan trafik sebesar 54 persen di Tol Palembang – Lampung dengan total panjang 373 km tersebut. Selain Jalan Tol Trans Sumatra Palembang dan Lampung, XL Axiata juga melakukan penambahan BTS di sejumlah ruas Jalan Tol Trans Sumatra lainnya, termasuk ruas-ruas baru.

Penguatan infrastruktur jaringan termasuk melakukan optimisasi, peningkatan kapasitas jaringan, pengukuran pengalaman pelanggan juga XL Axiata lakukan di sepanjang jalur utama di Jawa, baik tol maupun non tol. Juga sepanjang jalur kereta, dengan menyiapkan jaringan berkapasitas dua hingga tiga kali lipat lebih besar dibandingkan saat hari normal.

Saat ini, total lebih dari 2.800 BTS 4G yang menopang layanan di sepanjang Tol Trans Jawa sejauh 979 km.

"Lokasi-lokasi khusus yang menjadi tempat keramaian setiap kali datang masa liburan panjang juga tidak luput dari perhatian kami," kata Gede.

Selain lokasi wisata, juga pusat perbelanjaan, tempat pemberangkatan penumpang moda transportasi baik darat, udara, juga laut.

Saat ini XL Axiata memiliki pelanggan sebanyak lebih dari 57 juta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 160 ribu BTS, dengan mayoritas BTS 4G. Jaringan tulang punggung fiber optik XL Axiata membentang sepanjang lebih dari 159 ribu km, menopang jaringan data yang tersebar di sebagian besar kepulauan Indonesia yang sangat luas.

XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement