Sabtu 16 Mar 2024 14:23 WIB

Dicemooh Lambat ke EV, Strategi Toyota dengan Mobil Hybrid Raih Keuntungan Besar

Strategi yang diambil Toyota terlihat antara bodoh dan jenius.

Pengunjung melihat Toyota All New Alphard Hybrid Electric Vehicle (HEV) di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 yang berlangsung di ICE BSD City, Tangerang, Kamis (10/8/2023).
Foto:

Pengamatan investor 

Pasar saham sekarang menilai Tesla kurang dari setengah kapitalisasi pasar puncaknya sebesar 1,2 triliun dolar AS pada November 2021, sebagian besar karena penjualannya tumbuh lebih lambat dan laba yang diperoleh dari setiap mobil telah menurun. Pada periode yang sama, valuasi Toyota telah meningkat sekitar sepertiga, menjadi sekitar 400 miliar dolar AS.

Mike Ramsey, analis di firma riset Gartner, mengatakan strategi hibrida Toyota kuat dan didasarkan pada logika jangka panjang, namun pergeseran teknologi atau pasar dapat merusak kinerja dan kedudukan perusahaan di masa depan.

“Toyota terlihat antara bodoh dan jenius, tergantung pada cara berpikir mereka saat ini mengenai teknologi,” katanya. “Namun apa pun yang terjadi, mereka tampaknya masih menjual lebih banyak mobil dan truk dibandingkan perusahaan lain.”

Salah satu pasar besar di mana Toyota sedang berjuang adalah China, pasar mobil terbesar di dunia. Banyak pembeli mobil China memilih kendaraan listrik, sehingga membantu produsen mobil dalam negeri seperti BYD mendapatkan pangsa pasar dari Toyota, Volkswagen, dan pabrikan asing lainnya.

Toyota juga punya masalah lain. Anak perusahaan Daihatsu, yang memproduksi mobil kecil, menghentikan sementara semua produksinya di Jepang pada bulan Desember setelah mengungkapkan bahwa mereka melakukan kecurangan dalam uji keselamatan.

Namun untuk saat ini, langkah yang diambil Toyota tampaknya berhasil secara keseluruhan dan beberapa produsen mobil besar lainnya telah bergerak mendekati jalur yang ditempuh perusahaan tersebut.

Mercedes-Benz, yang berharap untuk menghentikan penggunaan model pembakaran internal pada tahun 2030, mengatakan bulan lalu bahwa mereka telah menunda tujuan tersebut setidaknya lima tahun. Ford telah menurunkan target produksi kendaraan listrik dan memperlambat pembangunan pabrik yang seharusnya memproduksi baterai untuk kendaraan listrik.

GM, yang telah berhenti menjual kendaraan hibrida di Amerika Serikat untuk fokus pada kendaraan listrik, telah menunda pengenalan beberapa model bertenaga baterai. Kini mereka juga berencana untuk memperkenalkan kembali model hybrid dan plug-in hybrid, yang telah didorong oleh desakan diler.

“Penerapan teknologi plug-in di segmen-segmen strategis akan memberikan beberapa manfaat lingkungan dari kendaraan listrik seiring dengan pembangunan infrastruktur pengisian daya yang terus dilakukan negara ini,” kata CEO GM Mary Barra pada bulan Februari.

Kendaraan listrik gagal .....

sumber : Japantimes.co.jp
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement