REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah terus-menerus membawa mobil listrik Anda ke stasiun pengisian cepat DC berbahaya bagi baterai kendaraan tersebut? Sebelum menjawab pertanyaan ini kita harus mengetahui beberapa hal terlebih dahulu.
Dilansir Inside EVs, Sabtu (4/5/2024), di stasiun pengisian cepat DC “Level 3” publik dapat mengisi baterai kendaraan listrik (EV) hingga 80 persen dari kapasitasnya dalam waktu sekitar 15-45 menit, tergantung pada kendaraan dan suhu luar (baterai dingin mengisi daya lebih lambat daripada baterai hangat).
Ketika sebagian besar pengisian daya mobil listrik dilakukan di rumah, pengisian cepat DC dapat berguna jika pemilik kendaraan listrik mendapati indikator status pengisian daya semakin rendah saat dalam perjalanan. Menemukan stasiun pengisian Level 3 sangat penting bagi mereka yang melakukan perjalanan jauh.
Pengisian cepat DC menggunakan beberapa konfigurasi konektor. Sebagian besar model awal yang berasal dari pembuat mobil Asia menggunakan apa yang disebut konektor CHAdeMO (Nissan Leaf, Kia Soul EV), sedangkan EV Jerman, Amerika, dan Asia yang lebih baru sebagian besar menggunakan konektor SAE CCS Combo, dengan banyak stasiun pengisian daya Level 3 yang awalnya mendukung kedua jenis tersebut tetapi sekarang lebih menyukai CCS.
Tesla menggunakan konektor berpemilik (sekarang disebut Standar Pengisian Amerika Utara atau NACS) untuk mengakses jaringan Supercharger berkecepatan tinggi, yang terbatas pada kendaraan-kendaraannya sendiri. Namun, pemilik Tesla dapat menggunakan pengisi daya umum lainnya melalui adaptor yang disertakan dengan kendaraan.
Sedangkan pengisi daya rumah menggunakan arus AC yang diubah menjadi daya DC oleh kendaraan, pengisi daya Level 3 menyalurkan energi DC langsung. Itu memungkinkannya mengisi daya mobil dengan lebih cepat.
Stasiun pengisian cepat terus berkomunikasi dengan EV yang terhubung. Ini memantau status pengisian daya mobil dan hanya menyalurkan daya sebanyak yang dapat ditangani kendaraan, yang bervariasi dari satu model ke model lainnya. Stasiun tersebut mengatur aliran listrik dengan tepat agar tidak membebani sistem pengisian kendaraan dan merusak baterai.
Setelah pengisian daya dimulai dan baterai mobil memanas, aliran kilowatt biasanya meningkat hingga input maksimum kendaraan. Pengisi daya akan mempertahankan kecepatan ini selama mungkin, meskipun kecepatannya mungkin turun ke kecepatan yang lebih moderat jika kendaraan meminta pengisi daya untuk melambat agar tidak membahayakan masa pakai baterai.
Setelah baterai EV mencapai....