Jumat 15 Mar 2024 20:32 WIB

Mengenal Simbol di Tuas Persneling Mobil Matic, Apa Saja Fungsinya?

Simbol yang ada di mobil matic berbeda dengan mobil manual.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
Persneling mobil transmisi otomatis.
Foto: Freepik
Persneling mobil transmisi otomatis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Proses pemindahan gigi pada mobil transmisi otomatis atau mobil matic bisa dilakukan hanya dengan menggerakkan tuas transmisi atau persneling. Bila diperhatikan, di area tuas transmisi akan terlihat sejumlah simbol huruf dan angka seperti 1, 2, D, L, S, serta lainnya.

Bagi pemula, simbol pada tuas persneling di mobil matic mungkin tampak membingungkan. Alasannya, simbol yang tampak pada tuas persneling pada mobil matic berbeda dengan mobil manual.

Baca Juga

Simbol yang paling umum ditemukan pada mobil matic adalah PRND yang merupakan singkatan dari Parking (Parkir), Reserve (Mundur), Neutral (Netral), serta Drive (Maju). Namun tak jarang, tuas persneling mobil matic juga memiliki simbol L, 1, 2, 3, hingga S. 

Berikut ini adalah makna dari simbol-simbol tersebut, seperti dilansir Cars pada Jumat (15/3/2024).

Parking (P)

Seperti namanya, mode Parking bisa digunakan saat mobil sedang diparkir atau saat mobil sedang tidak digunakan. Bila tuas persneling diarahkan ke mode Parking, roda belakang mobil tidak dapat bergerak.

Reserve (R)

Mode Reserve dapat dipakai ketika pengendara ingin memundurkan mobil. Mode ini biasanya digunakan saat pengendara ingin memarkirkan mobil atau bergerak mundur untuk berbalik arah ketika berada di sebuah gang.

Neutral (N)

Mode ini bisa dipilih ketika mobil berada dalam posisi netral. Pada posisi ini, mesin tidak terhubung dengan transmisi dengan kondisi roda tidak terkunci.

Drive (D)

Mode Drive digunakan untuk membuat mobil bergerak maju. Mode ini merupakan mode yang paling sering digunakan oleh pengendara mobil.

Mobil yang lebih modern....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement