Jumat 23 Feb 2024 18:46 WIB

Driver Pemula, Mending Belajar Mobil Manual atau Matic?

Belajar mobil transmisi manual atau matic bergantung pada kebutuhan pemula.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Seorang perempuan belajar menyetir.
Foto: Freepik
Seorang perempuan belajar menyetir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memiliki keterampilan mengemudi tentu akan sangat bermanfaat. Namun sering kali pemula bingung saat hendak menentukan akan belajar mobil manual atau matic.

Saat ini penjualan kendaraan listrik dengan kemudi otomatis terus meningkat. Di Inggris, Mandat Kendaraan Nol Emisi yang baru menuju tahun 2035 akan membuat mobil berbahan bakar bensin dan diesel (ICE) baru dilarang dijual. 

Baca Juga

Pilihan untuk mengikuti tes mengemudi dengan mobil otomatis sudah terbukti lebih populer. Menurut penyedia kursus mengemudi intensif PassMeFast, permintaan akan pelajaran mengemudi mobil matic telah meningkat secara signifikan dibandingkan tingkat sebelum pandemi.  

Juru bicara perusahaan Louise Bruchez mengatakan kemungkinan besar jumlah orang yang ingin belajar mengemudikan mobil akan terus meningkat seiring dengan diberlakukannya larangan ICE. Namun apakah belajar mobil manual menjadi tidak penting?

Transmisi manual vs otomatis, mana yang harus dipilih?

Data internal PassMeFast menemukan bahwa meningkatnya permintaan akan kendaraan listrik dan hybrid telah berdampak pada keinginan untuk mengikuti kursus mengemudi mobil matic.  

"Faktanya, permintaannya meningkat 89 persen dari 2019 hingga 2023,” ujar Bruchez, seperti dilansir dari laman Auto Express, Jumat (23/2/2024).

Kemungkinan tren ini akan terus....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement