Rabu 06 Mar 2024 15:01 WIB

Tidak Sulit, Begini Caranya Mengendarai Mobil Manual

Mobil manual mengandalkan pengemudi melakukan perpindahan rasio gigi.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Transmisi manual. Ini cara Mengemudi kan mobil transmisi manual.
Foto: Freepik
Transmisi manual. Ini cara Mengemudi kan mobil transmisi manual.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengendarai mobil manual mungkin merupakan konsep menakutkan bagi banyak orang. Pedal mobil manual berjumlah tiga, sementara mobil matic memiliki dua pedal.

Dilansir Drive, Rabu (6/3/2024), secara sederhana, transmisi mobil mentransfer torsi dari mesin ke roda yang digerakkan. Mobil yang dilengkapi transmisi mobil mentransfer torsi dari mesin ke roda yang digerakkan.

Baca Juga

Mobil yang dilengkapi transmisi otomatis mengatur perpindahan torsi dengan mengubah rasio gigi secara otomatis, berdasarkan kecepatan mesin dan masukan throttle. Sebaliknya, mobil-mobil dengan transmisi manual mengandalkan pengemudi untuk melakukan perubahan-perubahan atau perpindahan-perpindahan rasio gigi tersebut.

Semakin rendah gigi, semakin kecil kecepatannya, tetapi torsinya semakin kecil. Pada mobil manual, berpindah dari satu gigi ke gigi lainnya memerlukan penekanan pedal kopling—untuk melepaskan penggerak dari mesin ke gearbox, tuas persneling dipindahkan ke lokasi yang sesuai untuk gigi yang sesuai, dan pedal kopling dilepas, mengaktifkan kembali penggerak dari mesin ke gearbox. 

Membantu membuat perubahan ini lebih lancar, lebih senyap, dan lebih konsisten adalah synchroniser rings atau synchronisers, juga dikenal sebagai synchros atau synchromesh. Pada mobil manual, prosedur pergantian gigi sangatlah mudah, namun disempurnakan dengan kesabaran, ketelitian, dan latihan. 

Sedikit throttle atau tekanan lembut pada pedal akselerator saat Anda melepaskan pedal kopling dapat membantu keberangkatan dengan mulus. Namun, terlalu banyak throttle atau akselerator dengan kopling masih aktif, berisiko membuat kopling Anda aus dan terlalu panas. Hal ini dikenal sebagai ‘mengendarai’ kopling dan sebagian besar tidak diperlukan. 

Cara terbaik untuk menguasai awal bergerak mobil manual adalah di permukaan tanah yang rata dengan kaki tidak menginjak rem. Pastikan tanahnya rata sehingga Anda tidak berguling ke depan atau ke belakang. Dengan mobil di gigi satu, kaki kanan Anda dari pedal gas, dan kaki kiri Anda sepenuhnya menginjak kopling, mulailah melepaskan kopling secara perlahan dan lancar. Lebih lambat dari itu.

Saat Anda terus melepaskan kopling secara perlahan dan lancar, Anda akan mulai merasakan mobil mulai bergetar perlahan sebelum bergerak denga sendirinya. Jangan panik, Anda baru saja menemukan apa yang disebut dengan ‘titik gigitan’ kopling atau clutch point. Setelah Anda memahami titik kopling mobil, Anda akan sangat mengurangi kemungkinan berhenti lagi saat mobil mulai bergerak. 

Saat mobil bergerak tanpa pedal gas, kini Anda dapat melepaskan kopling sepenuhnya dan menginjak gas atau akselerator. Voila! Anda sedang mengemudi. 

Apa yang terjadi saat rem tangan ditarik...

 

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement