Senin 04 Mar 2024 15:15 WIB

Tips Saat Meninggalkan Mobil dalam Waktu Lama, Matikan Hand Brake

Tutup mobil atau tempatkan di garasi agar tidak rusak akibat cuaca.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Dua mobil parkir paralel. Ini tips meninggalkan mobil tidak dikendarai dalam waktu lama.
Foto: Freepik
Dua mobil parkir paralel. Ini tips meninggalkan mobil tidak dikendarai dalam waktu lama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perawatan mobil tentu penting diperhatikan, terlebih jika hendak ditinggalkan dalam jangka waktu cukup lama. Ketika mobil ditinggalkan selama beberapa bulan, perlu ada trik yang dipersiapkan agar memastikan kendaraan dalam keadaan tetap sehat saat akan dikendarai kembali nantinya.

Berikut tips-tips menyiapkan mobil sebelum ditinggalkan, seperti dilansir dari laman Auto Nation, Senin (4/2/2024).

Baca Juga

1. Jaga Kebersihan Mobil

Luangkan waktu sejenak untuk membersihkan mobil sebelum ditinggalkan. Singkirkan barang apa pun dari dalam mobil, terutama yang mudah rusak, seperti makanan ringan yang bisa berjamur dan berbau tidak sedap. 

Cuci bagian luar mobil dengan cepat, karena kotoran di bagian luar dapat menyebabkan kerusakan jika dibiarkan selama berbulan-bulan.

2. Kendarai mobil secara berkala

Mengendarai mobil memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan jangka panjangnya. Jika dibiarkan, beberapa elemen tertentu pada mobil bisa mulai rusak. Misalnya, baterai pada akhirnya akan kehilangan dayanya, dan sistem seperti AC dan mesin, pada akhirnya akan mengalami beberapa masalah.

Disarankan agar mengendarai mobil setiap dua pekan sekali selama sekitar 10-15 menit. Mengendarai mobil setiap dua pekan, akan memastikan kendaraan mencapai suhu pengoperasian dan menjaga komponen yang bergerak, sepertu baterai, alternator, mesin, berjalan dengan lancar.

Jika belum menyalakan mobil selama berbulan-bulan, ada langkah-langkah yang harus dilakukan. Saat melakukannya, Anda juga sebaiknya menyalakan AC agar bagian-bagian tersebut tetap berfungsi.

3. Biarkan rem parkir mati (jika memungkinkan)

Secara umum, sebaiknya gunakan rem parkir/rem tangan saat mematikan mobil. Namun jika meninggalkan mobil di tempatnya dalam jangka waktu lama, membiarkan rem parkir tetap menyala justru dapat membuat bantalan rem melebur dan menyebabkan kerusakan.

Jika meninggalkan mobil di....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement