Senin 25 Sep 2023 00:04 WIB

Begini Perbedaan Cara Kerja Kendaraan Listrik dan Kendaraan Bensin

Teknologi motor listrik lebih sederhana dibandingkan mesin pembakaran.

Mobil listrik Hyundai Ioniq 6 tak memiliki sistem pembuangan (knalpot) sehingga ramah lingkungan. Foto ilustrasi.
Foto: Republika/Firkah Fansuri
Mobil listrik Hyundai Ioniq 6 tak memiliki sistem pembuangan (knalpot) sehingga ramah lingkungan. Foto ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID,Mungkin Anda pernah bertanya-tanya bagaimana cara kerja kendaraan listrik (EV) dan apa yang membedakannya dengan kendaraan berbahan bakar bensin yang digunakan sehari-hari. Apakah cara kerja EV sangat berbeda dengan kendaraan bensin?

Pertanyaan seperti itu sangat wajar karena penjualan kendaraan listrik dari waktu-waktu terus meningkat di hampir seluruh penjuru dunia. Dan Anda mungkin salah satu calon konsumen EV ke depannya.

Baca Juga

Tentu saja ada perbedaan antara kendaraan tradisional berbahan bakar fosil dan kendaraan listrik. Perbedaan tersebut sebagian besarnya terletak pada bagian di balik kap mesin.

Perbedaan besar yang pertama adalah motor mobilnya. Pada kendaraan berbahan bakar bensin terdapat mesin pembakaran internal  (ICE) yang bekerja dengan prinsip ketika campuran bahan bakar dan udara dikompresi dan dinyalakan maka akan terjadi ledakan.

Dengan cara yang sangat sederhana, energi ledakan ini kemudian digunakan untuk menggerakkan mesin dan menggerakkan kendaraan ke depan.  Sebaliknya pada mobil listrik, motornya bersifat listrik dan bekerja menggunakan elektromagnet.

Perbedaan kedua tentu saja pada baterainya. Untuk menyuplai listrik ke motor dan memungkinkannya beroperasi, kendaraan listrik dilengkapi dengan baterai. Ini sebagian besar didasarkan pada teknologi lithium-ion, mirip dengan apa yang ada di dalam ponsel Anda.

Bagian penting terakhir adalah inverter. Arus yang dialirkan oleh baterai adalah arus searah, namun motor, seperti pengering rambut Anda, memerlukan arus bolak-balik agar dapat beroperasi. Dan itulah yang dilakukan inverter, mengubah arus searah menjadi arus bolak-balik.

Apakah semuanya seperti yang terlihat pada EV?

Keuntungan utama kendaraan listrik adalah konon lebih ramah lingkungan. Tidak ada sistem pembuangan sehingga tidak ada polusi.

Teknologi motor listrik lebih sederhana dibandingkan dengan mesin pembakaran. Jumlah komponennya lebih sedikit sehingga lebih sedikit perawatan dan risiko kerusakan lebih kecil.

Ini semua terdengar sangat menjanjikan, namun segala sesuatunya tidak sehitam dan seputih yang terlihat pada awalnya.

Pertama, biaya pembelian mobil listrik lebih tinggi dibandingkan mobil bermesin pembakaran, meskipun seiring berjalannya waktu dianggap lebih murah karena biaya perawatan yang lebih rendah dan biaya pengisian ulang yang lebih rendah.

Masalah kedua menyangkut akses terhadap stasiun pengisian daya. Tidak semua orang mempunyai kemewahan memiliki rumah yang dilengkapi - atau bahkan bisa dilengkapi - dengan stasiun pribadi. Dan meskipun jumlah titik pengisian daya terus bertambah, tidak mudah untuk menemukan infrastruktur yang diperlukan di dekat rumah, terutama di luar kota dan kawasan perkotaan besar.

Namun kelemahan utama kendaraan listrik sebenarnya adalah lingkungan. Kendaraan itu sendiri tidak mengeluarkan polutan apa pun, namun baterai yang menggerakkan motor terbuat dari mineral yang harus ditambang, sebuah proses yang memiliki dampak ekologis yang sangat besar terhadap planet kita.

Meskipun kendaraan listrik tidaklah sempurna, dan mungkin tidak akan pernah sempurna, kendaraan listrik secara umum dianggap sebagai pilihan terbaik yang kita miliki untuk mengurangi emisi kendaraan dan ketergantungan pada bahan bakar fosil, terutama karena teknologi di balik kendaraan tersebut terus berkembang dan meningkat.

 

sumber : euronews.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement