Ahad 24 Sep 2023 12:53 WIB

Puluhan Ribu Mobil Listrik Terbengkalai di China, Sinyal Gagalnya Mobil Listrik?

Kualitas produk mobil listrik harus ditingkatkan.

Foto yang diambil pada 15 Februari 2023 ini menunjukkan salah satu pabrik kendaraan listrik (EV) China  di Changzhou, Provinsi Jiangsu, Tiongkok Timur. Foto ilustrasi.
Foto: Xinhua
Foto yang diambil pada 15 Februari 2023 ini menunjukkan salah satu pabrik kendaraan listrik (EV) China  di Changzhou, Provinsi Jiangsu, Tiongkok Timur. Foto ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID,Selama sebulan terakhir ini, banyak video dan artikel tentang “ribuan kendaraan listrik (EV) yang ditinggalkan di Tiongkok.”

Para penentang EV menggunakan cerita tersebut untuk menyatakan bahwa kendaraan listrik akan gagal. Namun, hal tersebut bukanlah pelajaran yang dapat diambil dari situasi yang tidak menguntungkan ini.

Baca Juga

Pertama, memang benar ada ribuan kendaraan listrik yang ditinggalkan di ladang sekitar kota-kota di Tiongkok – mungkin puluhan ribu. Namun, hampir semuanya merupakan kendaraan listrik yang merupakan bagian dari layanan car sharing atau ride-hailing yang gagal di China.

Inside China Auto baru-baru ini memposting video yang menunjukkan salah satu dari apa yang disebut “kuburan EV China.”  “Kuburan EV Tiongkok” ini penuh dengan kendaraan listrik Neta V dan BAIC BJEV EC3, yang hampir seluruhnya digunakan oleh layanan ride-hailing dan car-sharing.

Selama beberapa tahun terakhir, beberapa perusahaan berbagi mobil telah bangkrut setelah mengerahkan ribuan kendaraan listrik jarak rendah di kota-kota  di China– dan kemudian meninggalkan mobil-mobil tersebut dalam ketidakpastian.

Beberapa pihak berpendapat kendaraan yang ditinggalkan tersebut adalah kendaraan baru dan merupakan contoh perusahaan yang mencoba memanfaatkan subsidi pemerintah untuk kendaraan listrik.

Setidaknya dalam contoh ini, tampaknya tidak demikian, karena sebagian besar kendaraan tersebut tampaknya telah digunakan. Bahkan ada yang rusak parah, mungkin karena tidak dirawat dengan baik selama mengikuti program car sharing.

Hal ini juga yang mungkin membuat mereka sulit untuk dijual. Meski demikian,  EV tidak akan gagal. Karena mobil-mobil yang terbengkalai tersebut jumlahnya  kemungkinan tidak sampai 20 ribu unit. Padahal mobil listrik di negara China jumlahnya jutaan.

Kedua, ini adalah cerita tentang kegagalan kendaraan listrik di bawah standar. Sebagian besar kendaraan tersebut memiliki jangkauan kurang dari 100 mil – banyak di antaranya memiliki jangkauan kurang dari 50 mil.

Perusahaan-perusahaan berbagi mobil mengira mereka dapat membanjiri kota-kota dengan barang-barang tersebut dan mereka akan terbiasa, namun kenyataannya tidak demikian. Biayanya yang rendah tidak mengimbangi buruknya kinerja dan pengalaman mereka terhadap mobil tersebut.

Oleh karena itu,  kendaraan listrik akan berhasil dengan menjadi kendaraan yang lebih baik daripada kendaraan dengan pembakaran internal – bukan produk inferior seperti ini. Selain itu, menggunakannya dengan layanan berbagi mobil atau layanan ride-hailing harus diimbangi kualitas produk yang tidak bagus.

sumber : electrek.co
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement