Sabtu 05 Aug 2023 01:13 WIB

Mobil Hybrid Cara Mengisi Dayanya Sama dengan Mobil Listrik?

Teknologi hibrida menggabungkan ICE dengan motor listrik

Toyota Rava Plug-In Hybrid. Dalam hal mengisi daya mobil hybrid, semuanya tergantung pada jenis hybrid yang Anda kendarai - hybrid standar, atau PHEV.
Foto: Republika/Firkah Fansuri
Toyota Rava Plug-In Hybrid. Dalam hal mengisi daya mobil hybrid, semuanya tergantung pada jenis hybrid yang Anda kendarai - hybrid standar, atau PHEV.

REPUBLIKA.CO.ID,Penjualan mobil hybrid atau hibrida semakin meningkat di Indonesia. Peningkatan tersebut terjadi sejalan dengan semakin banyaknya produsen menyediakan mobil listrik seperti Innova Zenix, Yaris Cross,  dan Honda CR-V yang tipe hybridnya akan diluncurkan di Agustus 2023 ini.

Tapi, tahukah Anda cara mengisi daya mobil hybrid? Untuk kendaraan hybrid, pengisian daya dilakukan melalui baterai yang dapat diisi sendiri yang digunakan untuk menggerakkan motor listrik yang bekerja bersama-sama dengan mesin pembakaran internal (ICE).

Baca Juga

Namun, kendaraan listrik hibrida plug-in (PHEV) harus dicolokkan ke sumber daya eksternal untuk mengisi ulang baterai yang dapat diisi ulang. Sedangkan mobil listrik yang murni baterai pengisian dayanya dicolokan ke sumber daya eksternal.

Secara sederhana mobil hybrid adalah mobil dengan tenaga bensin atau diesel ICE berpasangan dengan motor listrik bertenaga baterai.

Bagaimana cara kerja mobil hybrid?

Seperti disebutkan, perbedaan utama antara mobil hibrida vs mobil bensin, atau bahkan mobil hibrida vs mobil listrik, adalah bahwa teknologi hibrida menggabungkan ICE dengan motor listrik, yang meningkatkan efisiensi keseluruhan mobil, penghematan bahan bakar, dan tingkat emisi karbon.

Dalam hibrida standar, motor listrik bertenaga baterai bertindak sebagai cadangan untuk memberikan dorongan ekstra selama akselerasi cepat, atau untuk menghemat penggunaan ICE (dan karenanya bahan bakar) dengan menendang dan mengambil alih saat mobil diam atau melaju dengan kecepatan rendah atau kecepatan lambat.

PHEV bekerja dengan cara yang hampir sama, tetapi karena memiliki baterai yang lebih besar daripada hybrid standar, PHEV dapat melaju dalam mode serba listrik. Kecuali, tentu saja, baterainya kosong, dalam hal ini Anda hanya akan mengemudi menggunakan ICE (PHEV juga mampu menggunakan ICE dan motor listrik secara bersamaan untuk menghasilkan penggerak yang paling efisien).

Apakah mobil hybrid perlu diisi daya?

Dalam hal mengisi daya mobil hybrid, semuanya tergantung pada jenis hybrid yang Anda kendarai - hybrid standar, atau PHEV.

Hibrida standar dilengkapi dengan baterai yang dapat diisi sendiri, yang berarti Anda tidak perlu khawatir untuk mengisi daya - selamanya.

Pengisian sendiri daya terjadi melalui proses  yang disebut 'pengereman regeneratif', yang melibatkan pemanfaatan energi kinetik yang tercipta saat mobil melambat, dan mengirimkannya langsung ke motor listrik untuk segera digunakan, atau ke paket baterai kendaraan untuk disimpan untuk nanti.

Lebih bagus lagi, ICE itu sendiri dapat bertindak sebagai generator saat sedang bergerak atau diam, sehingga memberikan jalan lain untuk mengisi ulang baterai.

Jika ini adalah PHEV yang sedang kita bicarakan, Anda HARUS mengisi ulangnya, yang seharusnya memang diharapkan, karena ada kata 'plug-in' di namanya.

Meskipun mencolokkan PHEV Anda ke sumber daya eksternal melalui kabel mungkin terdengar merepotkan, sebenarnya tidak, dan ada manfaat besar yang terlibat: PHEV memiliki paket baterai yang lebih besar daripada hybrid standar, yang memungkinkannya menempuh jarak yang wajar di semua tempat. -mode elektrik (biasanya 50-60km, meskipun ini bisa lebih atau kurang, tergantung ukuran baterai kendaraan.

Berapa lama daya tahan sebenarnya bergantung pada beberapa faktor: ukuran baterai (semakin besar baterai, semakin lama daya tahannya), cara Anda mengemudikan mobil (semakin bersemangat Anda mengemudi, semakin cepat baterai habis) dan pada level berapa baterai Anda diisi ulang sebelum Anda memulai perjalanan.

Anda mungkin mendengar istilah 'AC' (arus bolak-balik) dan 'DC' (arus searah) ketika membahas listrik yang digunakan untuk mengisi daya PHEV dan kendaraan serba listrik, tetapi yang perlu Anda ketahui hanyalah ini: AC adalah jenisnya listrik yang Anda dapatkan di rumah, dan lebih lambat. Listrik DC jauh lebih cepat, dan biasanya hanya dapat ditemukan di stasiun pengisian cepat publik.

Tingkat pengisian daya.

Tingkat 1

Tingkat pengisian daya AC ini biasanya dilakukan di rumah menggunakan stopkontak dinding rumah. Keluaran berkisar dari 2,4 hingga 3,7kW, yang berarti akan memakan waktu antara lima hingga 16 jam untuk mengisi baterai dari kosong hingga penuh (perlu diingat bahwa Anda tidak boleh mengisi baterai di atas 80 persen, karena dapat menyebabkan degradasi baterai).

Level 2

Dicapai dengan menggunakan pengisi daya wallbox AC domestik atau publik dengan output tipikal 7.0kW. Ini mengurangi waktu pengisian antara dua hingga lima jam untuk mengisi penuh baterai dari kosong.

Tingkat 3

Di sinilah pengisian cepat DC masuk, melalui pengisi daya cepat publik. Output biasanya antara 11-22kW, artinya baterai harus terisi penuh dalam kisaran 20 hingga 60 menit.

Tingkat 4

Ini dianggap sebagai pengisian super cepat, dan dilakukan di stasiun pengisian DC umum. Harapannya output sekitar 120kW, yang akan membuat baterai terisi penuh dalam 20 hingga 40 menit.

sumber : Carsguide.com.au
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement