Selasa 06 Feb 2024 18:00 WIB

Indonesia Jadi Negara Pertama yang Perkenalkan New Hilux Double Cabin 4x4, Ini Detailnya

All New Hilux Double Cabin mengalami sejumlah perombakan di beberapa sisi.

Toyota New Hilux Double Cabin hadir di Indonesia.
Foto: Toyota
Toyota New Hilux Double Cabin hadir di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Toyota-Astra Motor (TAM) memperkenalkan generasi baru Toyota Hilux Double Cabin (D-Cab) 2.4 4x4. Tak hanya sebagai kendaraan komersial, New Hilux Double Cabin (D-Cab) juga akan memenuhi kebutuhan gaya hidup pengendara.

Penyegaran dilakukan pada tampilan eksterior dan interior New Hilux Double Cabin (D-Cab) yang semakin mempertegas kegagahan dan ketangguhan kendaraan ini. Indonesia menjadi negara pertama yang memperkenalkan New Hilux Double Cabin 4x4 sebagai pembuka tahun 2024.

Baca Juga

“Memperkuat komitmen Toyota untuk terus mendukung kebutuhan mobilitas dengan menghadirkan ever-better cars, PT Toyota-Astra Motor (TAM) kembali melakukan continuous improvement dengan memberikan sentuhan pada Hilux Double Cabin," kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto, dalam keterangan yang diterima Senin (5/2/3034).

Toyota melihat penjualan ritel Hilux Double Cabin pada Januari – Desember 2023 mencapai 16.976 unit. Jumlah ini meningkat signifikan dari penjualan tahun 2022 sebanyak 10.707 unit.

 

Ini merupakan bukti bahwa pelanggan fleet dan private masih sangat meminati kendaraan komersial yang juga sanggup mendukung kebutuhan lifestyle penggunanya ini. "Sehingga ini memberikan kami inspirasi untuk melakukan penyegaran sebagai solusi mobilitas pelanggan komersial yang selalu terdepan," kata Henry.

Pesatnya pembangunan di sektor infrastruktur, perkebunan, pertambangan, manufaktur, dan berbagai sektor retail di Indonesia, membuat commercial car begitu diminati masyarakat. Dalam 3 tahun terakhir, retail sales Toyota commercial terus mengalami kenaikan yang signifikan.

Pada 2021, Toyota menjual kendaraan komersial sebanyak 10.860 unit. Jumlah ini naik ke 17.824 unit pada 2022 dan mencapai puncaknya tahun lalu dengan 25.300 unit. Market share-nya juga turut mengalami penambahan yakni 4,8 persen (2021), naik ke 7,0 persen (2022), dan tembus 10,6 persen (2023).

Penjualan kendaraan komersial Toyota Hilux D-Cab di segmen Pick Up 4x4 Double Cabin terus mengalami peningkatan yang menjanjikan pascapandemi Covid-19. Pada 2020, penjualan ritelnya hanya 3.807 unit dan meningkat menjadi 5.736 unit pada 2021 dan 10.707 unit pada 2022. 

Setelah itu, penjualan Hilux D-Cab terus menanjak menuju 16.976 unit dan pangsa pasarnya pun tembus 67,7 persen pada 2023. Hilux D-Cab berhasil mendominasi segmen Pick Up 4x4 Double Cabin yang rivalitasnya sangat kompetitif.

Ini Penyegaran pada Toyota Hilux Double Cabin di Indonesia

Toyota Hilux hadir sebagai bagian dari Innovative International Multi-Purpose Vehicle (IMV) project sejak tahun 2006. Keandalan mobil serbaguna dengan kode IMV3 ini, terbukti tangguh dan punya daya tahan tinggi di segala medan, baik aspal mulus maupun off-road. 

Alhasil, Toyota Hilux menjadi pilihan utama pengusaha di bidang pertambangan, perkebunan, manufaktur, dan logistik. Dikenal sebagai kendaraan multiguna di segmennya, Hilux menjadi salah satu pilihan kendaraan pick-up yang masih diandalkan masyarakat Indonesia. Hilux dinilai memiliki perpaduan yang pas antara style dan fungsi.

Tak hanya itu, ini juga diperkuat jaringan after sales Toyota yang merambah hingga pelosok negeri.

Berikan Total Mobility Solution for All, New Hilux Double Cabin 2.4 4x4 memperoleh facelift awal tahun 2024 ini. Rombakan paling besar terlihat pada bagian depan generasi ke-8 Toyota Hilux global ini.

Black Upper Grille bergaya trapezoidal dengan dynamic honeycomb mesh, mendominasi wajahnya yang sudah terlihat kokoh dan tangguh sehingga tampak lebih agresif saat dipadukan dengan headlamp tipis bergaya sporty dan modern. Kesan kokoh terus berlanjut ke area bumper depan di mana unique low floor underguard meningkatkan kesan rendah di jalan bersama vertical foglamp bezel hitam yang membantu mengurangi kesan lebar.

Masuk ke dalam, tipe G dan tipe V mendapatkan tambahan defogger di kaca belakang. Sistem audio tipe E masih model basic, sementara tipe G mendapatkan Premium Audio, dan tipe V menggunakan AVX 7 inch yang memiliki fitur mirroring. Tipe V juga memperoleh tambahan clearance sensor di depan dan belakang untuk memudahkan manuver parkir.

New Hilux Double Cabin 2.4 4x4 tetap mengandalkan mesin diesel ramah lingkungan 2GD-FTV 2.400 cc yang sanggup menghasilkan tenaga 147 PS dan torsi 400 Nm. Demi mendukung kinerja mesin powerful tersebut, transmisi otomatis 6-speed disematkan pada tipe V dan transmisi manual 5-speed dipakai oleh tipe E dan G. Diesel engine yang menggunakan Flex Fuel Technology ini terbukti dapat diandalkan untuk berbagai mobilitas bisnis dan private.

photo
Tampak belakang New Hilux Double Cabin - (Toyota)

Bicara kualitas berkendara, sejak improvement pada 2020, Hilux Double Cabin 2.4 4x4 mendapatkan setting ulang pada sistem suspensi. Hal itu bertujuan untuk menciptakan keseimbangan antara kenyamanan dan respons kemudi memadai, menjamin kemampuan di medan off-road, dan meredam guncangan yang timbul dengan lebih baik.

Susunan per daun (leaf spring) diracik kembali sehingga terasa nyaman di jalan bergelombang dan membuat mobil tidak mudah limbung ketika menikung atau pindah lajur.

“Penyegaran yang dilakukan ini diharapkan dapat meningkatkan daya tarik kendaraan ini di mata pelanggan fleet dan private sehingga menjadi mobility solution yang sesuai kebutuhan masyarakat, baik untuk kegiatan usaha maupun aktivitas harian para pecinta kendaraan off-road,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

New Hilux D-Cab 2.4 4x4 hadir dengan empat pilihan warna, yaitu Attitude Black Metallic, Dark Gray Mica Metallic, Silver Metallic, dan Super White II.

HILUX D CAB 2.4 E (4X4) DSL M/T dapat dibawa pulang dengan harga  Rp 442.200.000, HILUX D CAB 2.4 G (4X4) DSL M/T seharga Rp 475.600.000 dan HILUX D CAB 2.4 V (4X4) DSL A/T dijual seharga Rp 526.550.000.

Selain D-Cab, Hilux juga menyediakan model Single Cabin (S-Cab) yang memiliki tiga pilihan dengan tipe mesin dan bahan bakar yang berbeda. Ketiganya adalah tipe S-Cab berbahan bakar gasoline dengan tipe mesin 4x2, bahan bakar diesel dengan tipe mesin 4x2, dan bahan bakar diesel dengan tipe mesin 4x4. Seluruhnya tetap dalam satu pilihan transmisi manual.

Untuk S-Cab gasoline 4x2 memiliki ukurang panjang 4.935 mm dan lebar 1.800 mm. Tingginya sekitar 1.685 mm dan jarak poros roda sebesar 2.750 mm. Ukuran deknya sepanjang 2.750 mm, lebar 1.575 mm, dan tinggi 480 mm.

Untuk tipe S-Cab DSL 4x4 memiliki panjang 5.265 mm, lebar 1.800, dan tinggi 1.795 mm. Jarak poros roda mencapai 3.085 mm. Ukuran dek tipe ini adalah panjang 2.350 mm, lebar, 1.575 mm, dan tinggi 480 mm.

Konsep desain Hilux S-Cab adalah seperti mini truck. Headlamp yang menyipit tajam menambah kesan gagah mobil IMV) Innovative International Purpose Vehicle) ini. Sementara, warna grille dan bumper depan tampak kontrak dengan warna body mobil untuk menampilkan kesan maskulin.

Dari sisi interior, Hilux pick up model S-Cab mampu menampung kapasitas hingga dua orang Ruang kemudi dilengkapi Multi Information Display dan ECO Indicator. Terdapat fitur steering switch dengan beberapa menu multimedia. Fitur ini dapat menyesuaikan posisi setir kemudi menggunakan system Steering Adjustment. Tersedia juga fitur Illuminated Entry untuk visibilitas yang lebih baik di malam hari.

Untuk fitur keselamatan, Hilux S-Cab telah dilengkapi airbags termasuk Front Driver Airbags, Passenger Airbags, dan Driver Knee Airbags. Fitur keamanan yang tersemat pada bagian rem adalah Anti-lock Braking System ABS) dan Electronic Brake-Force Distributin (EBD).

New Hilux S-Cab tipe 2.0 M/T ditawarkan dengan Harga 281.00.000. Sementara tipe 2.4 DSL M/T dijual seharga Rp 303.600.000. Tipe H2.4 DSL 4x4 M/T dijual seharga Rp 405.500.000

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement