Jumat 02 Feb 2024 22:06 WIB

Stylo 160 Masih Gunakan Rangka eSAF, Honda Beri Garansi Lima Tahun

eSAF memiliki daya tahan yang baik karena menggunakan bahan baja.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Friska Yolandha
Motor New Honda Stylo 160 dipajang saat acara peluncuran di AHM Safety Riding and Training Center, Deltamas, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (2/2/2024). PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan motor matic stylo 160 dengan mesin berkapasitas 156,9 cc, 4 katup, pendingin cairan berteknologi eSP+ yang dijual dengan harga Rp 30.425.000 untuk tipe ABS dan Rp 27.550.000 untuk tipe CBS.
Foto: Republika/Edwin Putranto
Motor New Honda Stylo 160 dipajang saat acara peluncuran di AHM Safety Riding and Training Center, Deltamas, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (2/2/2024). PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan motor matic stylo 160 dengan mesin berkapasitas 156,9 cc, 4 katup, pendingin cairan berteknologi eSP+ yang dijual dengan harga Rp 30.425.000 untuk tipe ABS dan Rp 27.550.000 untuk tipe CBS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Produk roda dua terbaru PT Astra Honda Motor (AHM), Honda Stylo 160, masih menggunakan rangka enhanced Smart Architecture Frame (eSAF), yang sempat bermasalah beberapa waktu lalu. Pada peluncuran skuter matik (skutik) premium penuh gaya tersebut, Marketing Director PT AHM Oktavianus Dwi menjamin ketahanan eSAF yang digunakan Stylo 160 dan memberikan garansi khusus rangka selama lima tahun.

“Memang beberapa waktu lalu sempat ada beberapa masalah dan itu sudah berhasil kita atasi, kami terus melakukan pengembangan produk menjadi lebih baik dan semakin meyakinkan dengan komitmen kami memberikan garansi rangka lima tahun, jadi tidak perlu khawatir,” kata dia, Jumat (2/2/2024).

Baca Juga

Oktavianus mengatakan, bahwa sesungguhnya eSAF memiliki banyak kelebihan. Kelebihan itu di antaranya seperti bobotnya yang ringan untuk membuat kendaraan lebih lincah saat bermanuver, dan mampu meredam getaran.

photo
Motor New Honda Stylo 160 dipajang saat acara peluncuran di AHM Safety Riding and Training Center, Deltamas, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (2/2/2024). - (Republika/Edwin Putranto)
 

Walaupun bobotnya ringan, eSAF memiliki daya tahan yang baik karena menggunakan bahan baja. eSAF juga diklaim lebih tahan defleksi atau pembengkokan saat dikendarai. Hal ini karena profilnya yang lebih kuat dan kaku dibandingkan rangka konvensional underbone.

“Sebenarnya eSAF ini punya banyak kelebihan, karena dia ringan ini juga berhubungan dan berpengaruh pada efisiensi konsumsi bahan bakar,” jelas Oktavianus.

Sebelumnya, rangka eSAF sempat menjadi sorotan di media sosial, dengan banyak konsumen membagikan video keluhannya atas kerusakan rangka tersebut. Keluhan paling banyak adalah rangka keropos yang terjadi pada beberapa skutik Honda, yakni Honda Scoopy, Honda BeAT, Honda Genio, serta Honda Vario 160.

AHM mengatakan telah mengatasi hal tersebut. Berdasarkan hasil perhitungan finite element method dan divalidasi secara pengujian aktual di fasilitas milik AHM, dapat dikatakan struktur rangka eSAF cukup kuat dan tidak memiliki daerah kritis atau fatigue dengan stress load yang tinggi. Tegangan yang terjadi masih jauh di bawah yield point (batas elastis) dari material rangka.

photo
Motor New Honda Stylo 160 dipajang saat acara peluncuran di AHM Safety Riding and Training Center, Deltamas, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (2/2/2024). - (Republika/Edwin Putranto)

Untuk menghadirkan fakta yang berimbang, pihak peneliti juga melakukan penelitian terhadap motor konsumen. Berdasarkan hasil pemeriksaan memang ditemukan adanya karat pada bagian dalam rangka.

Namun, ditemukan bahwa bagian tersebut dikarenakan tidak terlapisi coating dan lubang pembuangan bawah yang berpotensi tertutup kotoran sehingga air bisa tersumbat serta berpotensi menyebabkan udara lembap di sekitar rangka.

“Kami berkomitmen bahwa Astra Honda Motor menjamin agar konsumen tidak khawatir, kami yakin bahwa ini masih pilihan yang terbaik,” Oktavianus menambahkan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement