Jumat 15 Dec 2023 00:17 WIB

Kekhawatiran Orang Terhadap Pembuangan Baterai Bekas Kendaraan Listrik Meningkat

Meskipun daur ulang baterai kendaraan listrik bertumbuh, kekhawatiran orang tetap tin

Pelajar menunjukkan cara pengisian ulang baterai mobil listrik yang diberi nama Jeep K10 di laboratorium otomotif SMK 10 Malang, Jawa Timur, Rabu (13/12/2023). Kendaraan listrik berupa motor dan mobil jip hasil inovasi pelajar tersebut menggunakan baterai rakitan bertegangan 72 volt sehingga memiliki daya penyimpanan lebih besar serta berbiaya lebih murah jika dibandingkan kendaraan listrik buatan pabrik.
Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto
Pelajar menunjukkan cara pengisian ulang baterai mobil listrik yang diberi nama Jeep K10 di laboratorium otomotif SMK 10 Malang, Jawa Timur, Rabu (13/12/2023). Kendaraan listrik berupa motor dan mobil jip hasil inovasi pelajar tersebut menggunakan baterai rakitan bertegangan 72 volt sehingga memiliki daya penyimpanan lebih besar serta berbiaya lebih murah jika dibandingkan kendaraan listrik buatan pabrik.

REPUBLIKA.CO.ID,WESTBOROUGH -- Seiring dengan pertumbuhan pasar kendaraan listrik (EV) di Amerika Serikat, masyarakat Amerika semakin khawatir dengan apa yang akan terjadi pada semua baterai lithium-ion EV ketika sudah habis masa pakainya– meskipun industri daur ulang baterai kendaraan listrik sedang booming. 

Sebuah studi baru yang dilakukan oleh perusahaan rekayasa bahan baterai Ascend Elements menemukan bahwa 71 persen orang dewasa AS mengatakan mereka khawatir tentang pembuangan baterai kendaraan listrik bekas, naik dari 54 persen pada tahun 2022.

Baca Juga

Sekitar 56 persen responden survei mengatakan baterai kendaraan listrik akan menyebabkan "tempat pembuangan sampah beracun ," naik dari 48 persen pada tahun 2022. Kekhawatiran ini mungkin terkait dengan kesalahpahaman mendasar tentang daur ulang baterai kendaraan listrik. 

Hampir 40 persen responden survei menganggap baterai lithium-ion EV tidak dapat didaur ulang, turun dari 47 persen pada tahun 2022. Studi tahunan ini dilakukan oleh sebuah perusahaan riset independen untuk mensurvei sampel acak dari 1.004 konsumen AS tentang keyakinan dan sikap mereka terhadap baterai lithium-ion. baterai ion dan kendaraan listrik. Margin of error +/-3% pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sebuah studi baru yang dilakukan oleh perusahaan bahan baterai rekayasa Ascend Elements menemukan bahwa 71 persen orang dewasa AS mengatakan mereka khawatir tentang pembuangan baterai kendaraan listrik bekas, meningkat 17 persen dibandingkan data tahun 2022.

Sebuah studi baru yang dilakukan oleh perusahaan bahan baterai rekayasa Ascend Elements menemukan bahwa 71 persen orang dewasa AS mengatakan mereka khawatir tentang pembuangan baterai kendaraan listrik bekas, meningkat 17 persen dibandingkan data tahun 2022.

Sebanyak 71 persenorang dewasa AS khawatir akan habisnya masa pakai baterai kendaraan listrik di tempat pembuangan sampah, naik dari 54 persen pada tahun 2022.

“Ketika saya melihat data ini, saya berpikir bahwa kita belum melakukan upaya yang cukup untuk mengedukasi masyarakat tentang daur ulang baterai litium-ion,” kata Eric Gratz, Ph.D., salah satu pendiri dan CTO Ascend Elements. 

"Baterai lithium-ion, termasuk baterai kendaraan listrik, dapat didaur ulang. Logam di dalam baterai kendaraan listrik sangat berharga dan dapat didaur ulang tanpa batas waktu. Saya memperkirakan baterai kendaraan listrik akan berakhir di tempat pembuangan sampah sama seringnya dengan emas batangan," katanya lagi.

Ascend Elements memulihkan hingga 98 persen logam penting dalam baterai kendaraan listrik sebelum menggunakan proses Hydro-to-Cathode® yang dipatenkannya untuk memproduksi bahan baterai EV baru dan berkelanjutan yang dikenal sebagai prekursor katoda (pCAM) dan bahan aktif katoda (CAM). 

Beberapa penelitian yang ditinjau oleh rekan sejawat telah menunjukkan bahwa bahan baterai EV daur ulang Ascend Elements memiliki kinerja yang sama baiknya dengan bahan serupa yang dibuat dari sumber yang masih asli (atau ditambang) sekaligus mengurangi emisi karbon yang terkait dengan penambangan. 

Perusahaan saat ini memiliki kapasitas untuk mendaur ulang 30.000 metrik ton baterai EV per tahun, atau sekitar 70.000 baterai EV setiap tahunnya. Itu berarti sekitar 20 persen dari kapasitas daur ulang baterai lithium-ion di Amerika Utara saat ini.

Namun, mitos dan informasi yang salah tentang daur ulang baterai kendaraan listrik masih terus berlanjut. “Industri telah mencapai kemajuan luar biasa dalam efisiensi dan keekonomian daur ulang baterai lithium-ion, namun narasi palsu tentang baterai kendaraan listrik terus berlanjut,” kata Roger Lin, Wakil Presiden Urusan Pemerintahan di Ascend Elements.

“Kami mengubahnya dengan menciptakan infrastruktur yang membuat baterai lithium-ion tidak terpikirkan lagi untuk dibuang ke tempat pembuangan sampah. Baterai terlalu berharga.”

Meskipun kekhawatiran mengenai baterai kendaraan listrik meningkat, data survei menunjukkan bahwa orang Amerika sedang mempelajari cara mendaur ulang baterai lithium-ion jenis lain.

Hanya 21 persen responden survei yang mengatakan baterai lithium-ion dapat didaur ulang di tempat sampah rumah tangga, turun dari 33 persen pada tahun 2022. Sementara itu,  15 persen yang mengatakan baterai lithium-ion dapat dibuang ke sampah rumah tangga, turun dari 27 persen pada tahun 2022

“Sebagai catatan, baterai lithium-ion tidak boleh dibuang ke tempat sampah atau tempat sampah daur ulang rumah tangga,” kata Dr Gratz. “Meskipun saya ingin melihat kesadaran universal mengenai fakta dasar daur ulang ini, data survei menunjukkan bahwa kita telah mencapai beberapa kemajuan sejak tahun lalu.”

Pembuangan baterai litium-ion yang tidak tepat dapat menyebabkan kebakaran dan ledakan di fasilitas pengelolaan limbah dan pusat daur ulang. Menurut Dr Gratz, baterai lithium-ion bekas harus dibuang di tempat pengumpulan resmi. 

 

sumber : prnewswire.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement