Kamis 14 Dec 2023 16:40 WIB

Mudik Nataru Pakai Mobil Listrik? Tenang, Ini Lokasi Pengisian Baterai EV

Pengguna EV diminta atur waktu agar pengisian baterai di rest area efektif.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Fuji Pratiwi
Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) (ilustrasi).
Foto: Dok PLN
Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik pada masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024 menggunakan mobil listrik tidak perlu khawatir. PT Jasa Marga (Persero) Tbk memastikan sudah menyiapkan sejumlah lokasi stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU).

"Kami akan mengantisipasi, ada 17 titik pengisian baterai kendaraan listrik di rest area," kata Corporate Secretary and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana dalam konferensi pers di Kantor Pusat Jasa Marga, Kamis (14/12/2023).

Baca Juga

Dia memastikan, lokasi SPKLU untuk kendaraan listrik yang ada di sejumlah rest area juga ada yang bisa fast charging. Meskipun begitu, fasilitas fast charging hanya ada di rest area tertentu saja.

"Fasilitas ini bisa membantu para pengguna jalan merencanakan perjalanan. Misal dari Jakarta sampai Semarang, kita simulasikan sangat cukup lakukan perjalanan bisa mengisi di titik tersebut," ungkap Lisye.

Lisye mengimbau pengguna rest area bisa mengatur waktu saat beristirahat di tengah perjalanan. Dengan begitu dapat bergantian untuk menggunakan fasilitas pengisian baterai mobil listrik yang berada di rest area.

"Kan ada sistemnya, baterai sudah terisi sekian persen itu bisa dipantau. Ini mohon tidak ditinggal makan saat mobil tersebut melakukan charging sehingga kalau penuh bisa segera dipindahkan ke parkiran agar dapat bergantian dengan pengguna jalan yang lain," ungkap Lisye.

Direktur Utama PT Jasa Marga Tollroad Operator Yoga Tri Anggoro memastikan SPKLU terbanyak berada di Jalan Tol Jakarta-Cikampek sebanyak tiga titik. Selain itu, SPKLU dapat ditemukan di dua titik ruas Tol Solo-Ngawi, satu titik di Tol Semarang-Solo, dan satu titik di Tol Cikopo-Palimanan.

Yoga menambahkan, bagi masyarakat yang berangkat dari arah Tangerang juga terdapat satu SPKLU. Selain itu di Jakarta-Bogor-Ciawi hanya ada dua rest area yang memiliki fasilitas pengisian baterai mobil listrik.

Lalu di jakarta-Cikampek terdapat tiga rest area yang sudah dilengkapi dengan tempat pengisian baterai. Lalu untuk arah ke Bandung juga terdapat dua dan Cirebon juga terdapat dua lokasi rest area yang memiliki fasilitas charging.

"Kalau Jakarta sampai Surabaya, bisa diisi di Cirebon. Dari Semarang, Solo juga ada satu rest area. Di ruas Ngawi juga ada dua rest area," tutur Yoga. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement