Kamis 30 Nov 2023 18:59 WIB

Ajang Balap Porsche di Mandalika Awal Desember, Tiketnya Gratis 

Ini merupakan titik awal pengembangan ajang balap roda empat.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ahmad Fikri Noor
Foto udara tikungan 16 Pertamina Mandalika International Street Circuit.
Foto: Antara/Ahmad Subaidi
Foto udara tikungan 16 Pertamina Mandalika International Street Circuit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney, selaku holding BUMN pariwisata mendukung langkah PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) yang akan menggelar Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023 di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 8-10 Desember 2023. Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono menyebut ajang ini merupakan titik awal pengembangan ajang balap roda empat di Mandalika. Maya optimistis peningkatan nilai jual kawasan di mata calon investor dan juga wisatawan dengan semakin banyaknya event.  

"Event and attraction ini merupakan suatu katalis dari pengembangan sebuah destinasi. Ajang ini merupakan salah satu upaya kami sebagai traffic puller agar pariwisata di KEK Mandalika terus berkembang," ujar Maya di Gedung Sarinah, Kamis (30/11/2023).

Baca Juga

Direktur Operasi ITDC Troy Warokka mengatakan manajemen terus berupaya menjadikan Mandalika sebagai event bertaraf internasional yang unggul. Troy menilai Porsche Sprint Challenge Indonesia merupakan langkah konkret dalam memperkuat branding Mandalika sebagai destinasi sport and entertainment tourism

"Kami yakin dengan adanya event-event prestise seperti ini tak hanya akan memperkuat posisi sirkuit kami sebagai destinasi sport tourism yang menarik, tetapi juga akan memberikan dampak positif bagi ekonomi dan masyarakat lokal di sekitarnya," ucap Troy.

Direktur Utama PT Mandalika Grand Prix Association Nusantara Jaya (MGPA) Priandhi Satria mengatakan Porsche Sprint Challenge Indonesia juga menjadi landasan bagi pengembangan bakat-bakat muda di dunia balap Indonesia. 

Melalui program pelatihan dan pengembangan yang terintegrasi serta platform yang memadai, Priandhi berharap kehadiran Sirkuit Mandalika dapat melahirkan pembalap-pembalap andal mewakili Indonesia dalam ajang balap internasional.

"Sudah datang sepuluh unit mobil balap Porsche 911 GT3 Cup di Pertamina Mandalika International Circuit. Bagi kami, mobil ini merupakan suatu simbol keistimewaan dan prestise dalam dunia balap," ujar Priandhi.

CEO PT Star Motorsport Indonesia (Superstars Motorsport) Bagoes Hermanto mengatakan Porsche Sprint Challenge Indonesia akan digelar sebanyak tiga kali di Mandalika yakni 8-10 Desember 2023, 12-14 Januari 2024 dan 26-28 Januari 2024. Setiap putaran balap terdiri dari Sprint Race dengan durasi 30 menit dan Endurance Race selama 45 menit. 

"10 mobil balap Porsche 911 GT3 Cup siap berlaga pada musim perdana Porsche Sprint Challenge Indonesia," ujar Bagoes.

Bagoes mengatakan pengunjung dapat menikmati event balap ini secara gratis di Grandstand A. Sementara itu, akses ke paddock selama tiga hari tersedia dengan harga mulai dari Rp 300 ribu dan sudah termasuk pajak. 

"Paddock adalah area kerja bagi mekanik tim balap dan administrasi sirkuit, sehingga dapat memberikan pengalaman lebih eksklusif bagi pengunjung yang ingin lebih dekat dengan pembalap," kata Bagoes.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement