Jumat 26 Apr 2024 16:40 WIB

ID Survey Perluas Layanan Pemastian Berstandar Internasional

Fasilitas laboratorium sentral ID Survey di Cibitung mampu layani kebutuhan domestik.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
Holding BUMN jasa survei (ID Survey) yang terdiri atas PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI), Sucofindo, dan Surveyor Indonesia memperluas layanan laboratorium pengujian berstandar internasional.
Foto: dokpri
Holding BUMN jasa survei (ID Survey) yang terdiri atas PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI), Sucofindo, dan Surveyor Indonesia memperluas layanan laboratorium pengujian berstandar internasional.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Holding BUMN jasa survei (ID Survey) yang terdiri atas PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI), Sucofindo, dan Surveyor Indonesia memperluas layanan laboratorium pengujian berstandar internasional. Wakil Menteri (Wamen) BUMN Kartika Wirjoatmodjo atau Tiko menyampaikan fasilitas laboratorium sentral ID Survey di Cibitung, Jawa Barat, mampu melayani kebutuhan domestik dan Internasional. 

"Penting bagi masyarakat untuk semakin meningkatkan kesadaran akan penggunaan atau konsumsi produk yang ber-Standar Nasional Indonesia (SNI) demi keselamatan bersama," ujar Tiko dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (26/4/2024).

Baca Juga

Tiko mengapresiasi ID Survey yang berperan dalam memastikan standar dan menjaga compliance produk-produk terhadap SNI melalui layanan pengujian, survei, dan sertifikasinya. Secara keseluruhan, lanjut Tiko, ID Survey memiliki 95 titik laboratorium yang tersebar di Indonesia dengan kapabilitas laboratorium yang terdiri dari pengujian teknik, mineral dan batubara, kimia, pangan, dan lainnya. 

Direktur Utama BKI Arisudono Soerono mengatakan laboratorium pengujian ID Survey saat ini telah terakreditasi ISO 17025 dan sebagai lembaga inspeksi telah terakreditasi ISO 17020. Arisudono menyampaikan laboratorium pengujian ini juga didukung peralatan dan sumber daya berstandar internasional. 

"Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan kapabilitas dan kapasitas laboratorium lainnya, sebagai upaya bersama mendukung pelaku usaha sekaligus menjadi mitra strategis BUMN, swasta dan pemerintah," ujar Arisudono. 

Arisudono optimistis ID Survey dapat konsisten mendukung upaya perlindungan konsumen melalui kegiatan pemastian. Salah satunya melalui pengujian dan sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) berbagai produk konsumen dan mendukung pelaku usaha dalam upaya keberlanjutan lingkungan serta mengurangi emisi karbon. 

"Kami siap sebagai mitra strategis pemerintah, BUMN dan swasta, untuk terus konsisten menjaga kualitas serta adaptif memenuhi kebutuhan pelaku usaha melalui layanan ID Survey," kata Arisudono.

Direktur Utama Sucifindo Jobi Triananda mengatakan laboratorium Sucofindo mampu melakukan pengujian halal, kimia, minyak dan gas, mineral dan batu bara, lingkungan, kalibrasi, dan teknik. Sucofindo juga tengah mengembangkan kapasitas dan kapabilitas untuk  laboratorium pengujian yang mendukung regulasi dalam upaya pengurangan emisi. 

"Saat ini kami tengah mengembangkan layanan untuk pengujian health and life science, pengujian untuk mendukung ekosistem electric vehicle (EV), biomassa, lingkungan, energi baru dan terbarukan," ujar Jobi. 

Jobi menyampaikan pengembangan ini juga sejalan dengan komitmen ID Survey dalam pemenuhan standar tertinggi untuk jasa pemastian, serta mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emissions (NZE). 

Direktur Utama Surveyor Indonesia Sandry Pasambuna mengatakan perusahaan melengkapi layanan pengujian untuk sektor perkebunan dan pertanian dengan platform traceability untuk mewujudkan NZE. Surveyor Indonesia, ucap Sandry, platform dengan skema business to business (B to B) ini bertujuan melakukan pengujian bersama dengan perusahaan karet, kelapa sawit, dan komoditas lain. 

"Kami melakukan uji coba aksesibilitas platform national fashboard untuk menguji dan memperkuat aspek dan fitur sistem penelusuran yang penting bagi pekebun swadaya dan aktor industri komoditas lainnya," kata Sandry.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement