Sabtu 26 Aug 2023 14:28 WIB

Rangka Mobil Dapat Keropos Seperti yang Dikeluhkan di Sepeda Motor Honda?

Serangan karat sulit untuk didekteksi.

Teknisi Auto2000 sedang melakukan perawatan berkala mobil Toyota.   
Foto: Auto2000
Teknisi Auto2000 sedang melakukan perawatan berkala mobil Toyota.  

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Dalam beberapa waktu terakhir di media sosial ramai membicarakan soal rangka eSAF sekutik motor Honda yang disebut-sebut mudah keropos dan patah. Apakah rangka mobil memiliki potensi keropos seperti yang dialami sepeda motor.

Body Paint Analyst Auto2000 Yanto Rudianto mengatakan rangka dan bodi mobil juga memiliki resiko keropos akibat terserang karat. Layaknya penyakit kanker, karat sering tidak terdeteksi dan menjadi masalah besar ketika sudah menyebar. Ketika sampai di sini, butuh perbaikan yang kompleks dan mahal, apalagi kalau sampai bodi mobil keropos.

Baca Juga

 “Karat merupakan hasil korosi, yaitu proses oksidasi pada logam yang cepat menyebar dan memiliki efek samping yang merugikan,” ujar Yanto dalam keterangannya, Jumat (25/8/2023).

Menrut Yanto serangan karat sulit untuk dideteksi dan menjadi masalah besar bila tidak segera ditangani, seperti bodi keropos dan rapuh. “Mobil telah dilapisi bahan anti karat, namun tidak semua area logam terlapisi dan ada risiko terkikis seiring pemakaian,” jelasnya.

Bagian mobil rawan karat

Bagian mobil yang paling rawan terkena karat adalah kolong mobil, khususnya sasis atau rangka, akibat sering terkena kotoran dari cipratan roda saat melintasi jalan basah. Berikutnya adalah engsel pintu yang merupakan jalur air lewat sehingga sering dalam kondisi basah dan mudah muncul karat bila tidak dibersihkan.

 Setiap mobil memiliki jalur air agar tidak menggenang, tetapi bila tidak dikeringkan berpotensi menimbulkan karat. Selanjutnya adalah atap yang paling sering terkena air hujan tapi lupa dibersihkan. Salah satu indikatornya adalah gelembung meskipun kecil yang dapat dipastikan sebagai karat. Ruang mesin rawan karat karena kotoran dari area kaki-kaki depan mobil terjebak dan menumpuk.

Pemicu karat tumbuh di mobil

Air hujan memiliki kandungan mineral yang tinggi, padahal punya sifat korosif yang dapat mengikis lapisan cat mobil. Ditambah, hujan di daerah perkotaan yang polutif punya tingkat keasaman yang tinggi. 

Air laut juga memiliki kandungan mineral dalam garam yang tinggi, sehingga mobil yang beroperasi dekat dengan laut mempunyai risiko terkena karat lebih besar. Karena sudah menjadi kerak, saat dibersihkan kotoran akan mengikis permukaan cat dan merupakan pintu masuk karat. Biasanya, baret di bodi mobil membuat lapisan pelindungnya menghilang. Akibatnya, panel bodi tidak lagi terlindungi dari proses oksidasi lingkungan di sekitar mobil.

Proses mencuci mobil yang tidak tepat merupakan pintu masuk tumbuhnya karat. Seperti kualitas air tanah dengan kandungan mineral yang tinggi serta alat cuci dan cairan pembersih yang abrasif, memberi peluang mengikis pelindung cat dan anti karat. Hati-hati pula membawa bahan kimia yang bersifat korosif di dalam mobil karena akan memicu karat pada rangka jok, baut, mur dan komponen dari besi.

Cara cegah karat tumbuh di bodi mobil

Risiko terdampak karat dapat dikurangi dengan perawatan mobil, seperti rutin mencuci mobil sebagai langkah awal yang krusial. Perhatikan lokasi mencuci, jangan di bawah terik matahari yang membuat air cepat menguap padahal kotoran masih tertinggal. Hindari mencuci di bawah pohon karena ada risiko terkena getah pohon atau kotoran binatang, atau mencuci di malam hari karena mobil susah kering dan menjadi lembab.

Gunakan alat yang sesuai, seperti kain lap kanebo untuk mengelap air, dan kain microfiber di tahap finishing agar kering sempurna. Gunakan sikat berbahan plastik dan bahan pembersih non abrasif. Jangan paksakan memakai air tanah yang kurang layak karena memperbesar potensi karat.

Pastikan tidak ada yang terlewatkan, terutama bagian kolong yang rentan karat. Pastikan pula bodi mobil kering dan tidak ada sisa air yang dapat memicu karat dan water spot. Lakukan inspeksi bodi mobil jika ada potensi karat yang ditandai dengan noktah berwarna merah di permukaan logam yang mengelupas saat dikerok.

Sebenarnya lapisan cat di bodi mobil sudah memiliki lapisan pelindung/anti karat. Masalahnya, seiring waktu lapisan pelindung bakal terkikis dan memudar. Ditambah tidak apik dalam merawat kendaraan, solusinya adalah dengan memberikan lapisan pelindung cat alias paint protection.

Gunakan lapisan antikarat

Pelapisan antikarat umumnya dilakukan di kaki-kaki mobil, dan bagian dalam fender mobil, ditambah rongga di dalam ruang mesin dan panel pintu. Di sejumlah bengkel dan diler menawarkan lapisan antikarat. Di antaranya di  Auto2000.

“Bodi mobil yang lecet atau baret ringan jangan dibiarkan saja karena bisa menjadi pintu masuk karat. AutoFamily bisa meminta bengkel Auto2000 untuk pengecekan dini karat di bodi mobil, segera lakukan pelapisan ulang anti karat dengan order via Auto2000 Digiroom, ada diskon yang menguntungkan,” kata Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement