Kamis 24 Aug 2023 09:32 WIB

Mengapa Harga Mobil Bekas Anda Jatuh Saat Dijual, Ini Enam Faktor Penyebabnya

Merokok tak hanya buruk bagi kesehatan, tetapi  juga berdampak buruk bagi kendaraan.

Calon pembeli mobil bekas biasanya akan memeriksa secara dátil kualitas mobil bekas yang akan dibelinya. Karenanya pemilik mobil harus merawat mobilnya dengan baik agar harga jual kembali tinggi.
Foto: Dok. Web
Calon pembeli mobil bekas biasanya akan memeriksa secara dátil kualitas mobil bekas yang akan dibelinya. Karenanya pemilik mobil harus merawat mobilnya dengan baik agar harga jual kembali tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID,--Sering kali pemilik mobil abai dengan sejumlah hal yang membuat harga mobilnya di bawah pasaran saat akan dijual. Ini beberapa faktor yang menyebabkan harga jual mobil kita di bawah pasar.

Merokok di mobil 

Baca Juga

Pemilik mobil yang sering merokok saat menyetir  dapat meninggalkan bau yang tertinggal dan kerusakan fisik pada interior, sehingga sulit untuk diperdagangkan atau dijual secara pribadi.

Asap rokok tertanam dalam jok dan terperangkap dalam sistem pendingin udara, yang sangat sulit dihilangkan sehingga memerlukan pelayan profesional dan peralatan khusus untuk membersihkannya.

 

Dalam kasus yang paling parah, kain bagian dalam dan kain jok mungkin harus dilucuti juga. Proses ini saja dapat memakan biaya ratusan ribu sampai jutaan rupiah.

Melewatkan perawatan rutin

Penggantian cairan, filter, dan belt secara teratur membuat mesin bekerja lebih lancar, sedangkan mencucinya secara rutin mencegah penumpukan karat.

Perawatan rutin adalah suatu keharusan, tidak hanya untuk keselamatan dan keandalan saat Anda mengendarai mobil tetapi juga untuk meningkatkan nilai jual kembali di masa depan.

Jika mobil Anda tidak diservis secara rutin dan tidak pernah dibersihkan, maka mobil akan lebih cepat rusak.

Anda juga harus menyimpan catatan lengkap tentang riwayat servis mobil, termasuk penggantian oli dan filter.

Saat Anda datang untuk menjual mobil Anda, informasi ini membantu menunjukkan bahwa Anda telah merawatnya dengan baik. Bukti tertulis dari pekerjaan pemeliharaan meningkatkan nilai kendaraan bekas.

Penggantian suku cadang di bawah standar

Beberapa mekanik amatir diketahui mencoba memperbaiki mobilnya sendiri, menggunakan suku cadang non-asli bekas atau lebih murah daripada suku cadang baru.

Jika Anda pernah memperbaiki mobil Anda dengan suku cadang bekas dan bukan suku cadang asli dari pabrikan, hal ini dapat menurunkan nilai keseluruhan mobil dan meningkatkan tagihan untuk perbaikan di masa mendatang karena suku cadang tersebut dapat rusak separuh waktu dibandingkan suku cadang asli. 

Warna yang norak

Mungkin yang mengejutkan, warna mobil bisa berdampak besar pada nilai jual kembali. Meskipun warna oranye terang itu mungkin tampak seperti ide yang bagus pada saat itu (saat Anda mengubah warna mobil Anda dan Anda menyukainya), Anda mungkin akan menyesali keputusan tersebut saat mencoba menjualnya.

Warna yang mencolok atau yang tidak pernah ada pada modelnya dapat membuat calon pembeli kecewa.

Sebagai pedoman umum, sebaiknya tetap menggunakan warna asli jika Anda memutuskan untuk mengecat ulang kendaraan Anda.

Warna-warna netral, seperti perak, putih, atau hitam cenderung mempertahankan nilainya dengan baik, sedangkan warna-warna berani, seperti merah, kuning, dan hijau mungkin tidak terlalu bernilai karena hanya sedikit pembeli yang mencari warna-warna tersebut.

Membawa anjing di mobil

Apakah memiliki seekor anjing mengurangi nilai mobil saya? Seperti halnya asap, bau hewan peliharaan sering kali tertinggal dan dapat memberikan kesan kepada pembeli bahwa Anda kurang merawat kendaraan Anda.

Jika Anda pernah menggunakan kursi belakang untuk mengangkut hewan peliharaan, cobalah untuk menetralisir baunya dan menghilangkan bulu hewan peliharaan yang terlihat.

Jika ada rambut yang mendarah daging di sudut dan celah yang tidak bisa Anda hilangkan, hal itu kemungkinan besar akan menurunkan nilai kendaraan.

Kecuali Anda dapat menemukan pembeli yang juga pemilik anjing yang berencana menggunakan kursi belakang untuk hewan peliharaannya juga.

Mengemudi saat Anda tidak perlu melakukannya

Apakah Anda mampir ke toko dengan mobil saat jaraknya hanya 10 menit berjalan kaki? Berkendara ke kantor setiap hari saat Anda bisa berbagi tumpangan dengan rekan kerja?Jarak tempuh mempengaruhi nilai jual kembali, jadi berhentilah berpikir sebelum menggunakan mobil Anda.

Apakah Anda benar-benar membutuhkannya untuk perjalanan khusus itu? Berjalan kaki, bersepeda, naik transportasi umum, atau berbagi tumpangan kapan pun Anda bisa.

 

sumber : rac.co.uk
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement