Senin 14 Aug 2023 15:57 WIB

Alasan Mitsubishi Pilih Dynamic Sound Yamaha Premium untuk New Compact SUV

Kejernihan dan rentang frekuensi tinggi menjadi titik fokus Mitsubishi.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Gita Amanda
Kejernihan dan rentang frekuensi tinggi menjadi titik fokus Mitsubishi. (ilustrasi)
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Kejernihan dan rentang frekuensi tinggi menjadi titik fokus Mitsubishi. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Sebagai seorang pecinta mobil dan penggemar perjalanan jarak jauh, mobil dianggap bukan sekadar alat bergerak. Setiap perjalanan dengan mobil adalah kesempatan memperbaharui semangat dan menemukan inspirasi.

Dalam semangat itu, Chief Technology Engineer Mitsubishi Motors Corporation (MMC), Hisashi Sugiyama mengatakan Mitsubishi memiliki keinginan kuat menciptakan pengalaman perjalanan yang nyaman. “Berkaitan dengan hal ini, kami membangun ruang yang mencerminkan perasaan ini. Kami ingin membagikan rasa nyaman dan kebebasan yang kami rasakan dalam sebuah ruang khusus,” kata Sugiyama dalam jumpa pers di GIIAS 2023 di ICE BSD City, Tangerang, beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Sugiyama mengatakan Mitsubishi telah berhasil menciptakan audio setara, atau bahkan lebih baik dari kualitas premium. Kejernihan dan rentang frekuensi tinggi menjadi titik fokus Mitsubishi. Kejernihan merujuk pada kemampuan suara untuk terdengar jelas. Mitsubishi tidak mengorbankan kualitas dalam upaya membawa kelancaran dan jernihnya alat musik dan vokal.

Sugiyama mengatakan Mitsubishi tidak hanya melakukan penyetelan untuk memperbaiki suara, tapi juga mengatasi tantangan kecepatan kendaraan dan kebisingan jalan. Mitsubishi juga melakukan investasi dalam perangkat keras audio, seperti speaker, dengan panduan dari Yamaha.

Mitsubishi memberikan perhatian terhadap integrasi audio dalam kendaraan. Kekokohan panel pintu, di mana speaker terpasang adalah aspek penting. Hanya dengan struktur yang kokoh, suara berkualitas tinggi dapat dihasilkan. Mitsubishi meningkatkan kekokohan panel pintu hingga lima kali lipat untuk mencapai suara ideal yang mampu menghasilkan frekuensi rendah, yang kuat tanpa distorsi atau gangguan.

“Tantangan terbesar bagi kami adalah menghadapi perubahan suara karena mobilitas. Suara angin, ban, dan perubahan lingkungan akibat perjalanan adalah hal yang harus kami hadapi,” ujar Sugiyama.

Tantangan itu membuat Mitsubishi memperkenalkan Speed Compensated Volume (SCV), yang mengoreksi perubahan suara sesuai karakteristik frekuensi dan kondisi jalan. SCV memungkinkan penyesuaian halus dan selektif untuk menghadapi perubahan lingkungan akibat perjalanan.

“Perbedaan terbesar antara audio mobil, rumah, dan gedung konser adalah mobilitasnya. Bergerak berarti lingkungan suara kita berubah. Bagaiaman cara mengatasi suara yang berubah ini, ini adalah tantangan besar bagi kami para insiyur,” kata Sugiyama.

Misubishi menawarkan empat jenis suara yang dapat disesuaikan dengan suasana hati dan preferensi pelanggan. "Lively" membangkitkan semangat, "Signature" menyoroti kehalusan alat musik, "Powerful" memberi suara kuat, dan "Relaxing" cocok untuk momen santai.

“Kami bangga telah menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih dari sekadar pergerakan. Kami ingin memberikan inspirasi, kenyamanan, dan kegembiraan dalam setiap perjalanan mobil, membuat setiap momen menjadi berharga dan berkesan,” ujar Sugiyama. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement