Senin 14 Aug 2023 13:45 WIB

Basis Investor Pasar Modal Didominasi Generasi Muda

Investor usia di bawah 30 tahun mencapai 57,26 persen dari total investor.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolandha
 Seorang pria berjalan melewati papan saham elektronik sebuah perusahaan sekuritas di Tokyo, Rabu, 18 Agustus 2021. Pasar saham Asia rebound pada Rabu setelah Wall Street jatuh karena penjualan ritel yang lemah karena investor menunggu pembaruan dari Federal Reserve tentang kemungkinan rencana untuk mengurangi rangsangan AS.
Foto:

Sementara itu, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar dalam kesempatan yang sama mengakui jumlah investor generasi mudah memang terbilang banyak. Mahendra menyebut generasi muda tersebut dibagi oleh kaum milenial dan Gen Z.

"Kalau dihitung seluruhnya milenial dan Gen Z maka jumlah investor saham kita adalah 80 persen dari seluruh investor yang ada di pasar saham. Besarnya investor pasar saham kita saat ini adalah 11,5 juta," kata Mahendra.

Jika dilihat dari potensinya, mahendra mengatakan, pertumbuhannya memang 11,5 juta orang tersebut baru sekitar 4,5 persen dari populasi Indonesia. Untuk itu, Mahendra menilai masih cukup besar pertumbuhan yang bisa dicapai.

 

Hanya saja, jika dilihat dari 2015, jumlah investor di Indonesia baru 281 ribu. "Maka 11,5 juta itu 36 kali lipat dalam kurun waktu hanya  selapan tahun. Ke depan kita bisa melihat bagaimana potensi luar biasa," tutur Mahendra. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement