Jumat 04 Aug 2023 05:39 WIB

Berkat Film dan Gim Ini, Laba Nintendo Melonjak

Kesuksesan film dan gim berdampak langsung pada peningkatan laba Nintendo.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Kesuksesan film The Super Mario Bros Movie pun berpengaruh terhadap laba Nintendo.
Foto: Dok Universal Pictures
Kesuksesan film The Super Mario Bros Movie pun berpengaruh terhadap laba Nintendo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Nintendo melaporkan peningkatan laba bersih sebesar 52 persen untuk kuartal fiskal pertama pada Kamis (3/8/2023). Peningkatan ini menyusul kesuksesan film Super Mario dan gim video Zelda yang baru. 

Dilansir dari ABC News, Kamis (3/8/2023), menurut Nintendo Co, permintaan perangkat lunak gim Nintendo Switch terus meningkat berkat kesuksesan  film The Super Mario Bros Movie, pada awal tahun ini.

Baca Juga

Film tersebut sejauh ini telah menarik lebih dari 168 juta orang secara global dan meraup 1,3 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau Rp 19,7 triliun. Itu menjadikannya salah satu film animasi terlaris dalam catatan, kedua setelah Frozen II, dan film animasi teratas berdasarkan gim video. 

Sedangkan gim The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom adalah yang terbaru dalam seri aksi-petualangan terkenal. Berkat gim yang dirilis pada Mei tersebut, laba bersih April-Juni Nintendo mencapai 1,3 miliar AS atau Rp 19,7 triliun. Jumlah ini naik dari hampir 119 miliar yen atau Rp 12,6 triliun tahun lalu.

Penjualan triwulanan melonjak 50 persen menjadi 3,2 miliar AS atau Rp 48,5 triliun. Penjualan perangkat keras melonjak hampir 14 persen menjadi 3,9 juta mesin Nintendo Switch, sementara penjualan perangkat lunak juga tumbuh, meningkat 26 persen menjadi 52 juta gim terjual. 

Selain itu, Nintendo juga mendapat peningkatan pendapatan yang sehat dari bisnis kekayaan intelektualnya, yang dicontohkan oleh film Super Mario tetapi juga royalti lainnya. Nintendo telah mendorong gagasan untuk memiliki beberapa konsol Nintendo Switch per rumah tangga, bukan hanya satu, dengan masing-masing anggota keluarga menggunakan mesin untuk bermain bersama. 

Di antara gim populer untuk permainan seperti itu adalah Pikmin 4, yang mulai dijual bulan lalu. Itu juga datang dalam versi yang dapat diunduh, area yang merupakan sumber pendapatan yang berkembang untuk Nintendo. 

Nintendo, yang berbasis di Kyoto, merencanakan lebih banyak gim dalam beberapa bulan mendatang termasuk Super Mario Bros. Wonder. Gim tersebut akan mulai dijual pada bulan Oktober. Nintendo mempertahankan perkiraan laba setahun penuh tidak berubah pada 2,4 miliar dolar AS atau Rp 36,4 triliun, turun 21 persen dalam setahun. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement