Jumat 04 Aug 2023 02:08 WIB

Bukan Tombol Biasa, Ini Deretan Fitur di Tombol Volume iPhone

Ada fitur rahasia di tombol volume yang bisa diakses pengguna iPhone

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Setiap ponsel iPhone dilengkapi dengan tombol volume pada sisi samping body ponsel. Namun ternyata tombol ini memiliki fungsi yang lebih banyak dari sekadar mengatur volume suara.
Foto: BGR
Setiap ponsel iPhone dilengkapi dengan tombol volume pada sisi samping body ponsel. Namun ternyata tombol ini memiliki fungsi yang lebih banyak dari sekadar mengatur volume suara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Setiap ponsel iPhone dilengkapi dengan tombol volume pada sisi samping body ponsel. Tombol ini ternyata memiliki fungsi yang lebih banyak dari sekadar mengatur volume suara. Berikut ini adalah sejumlah fitur tersebut, seperti dilansir Mail Online pada Kamis (3/8/2023).

Menonaktifkan Alarm

Saat alarm berbunyi, sebagian besar pengguna biasanya akan menekan pilihan Snooze atau Stop pada layar ponsel untuk mematikan alarm. Alternatif lain yang bisa dilakukan untuk mematikan alarm adalah dengan menekan salah satu tombol volume. Dengan menekan tombol volume, alarm akan berhenti dan tertunda sejenak (snooze) sebelum kembali berbunyi sekitar sembilan menit kemudian.

Baca Juga

 

Memblokir FaceID dan Touch ID

Pengguna bisa memblokir atau mengunci fitur FaceID dan Touch ID secara cepat menggunakan tombol volume. Untuk melakukannya, pengguna cukup menekan dan menahan tombol volume selama dua detik, hingga layar layanan telepon darurat teraktivasi dan slider akan muncul pada layar. Pada saat inilah, pengguna bisa menekan tombol volume kembali untuk mengunci FaceID atau Touch ID.

 

Mengatasi Freeze

Ketika ponsel iPhone mengalami freeze, salah satu trik sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah mematikan ponsel lalu menyalakannya kembali. Untuk melakukan ini saat ponsel mengalami freeze, pengguna bisa menekan dan menahan tombol volume atas terlebih dahulu, lalu lepaskan. Selanjutnya, lakukan hal serupa pada tombol volume bawah.

 

Menonaktifkan Ragam Fitur Tombol Volume

Meski bisa memudahkan, sebagian pengguna iPhone mungkin tak ingin tombol volume mereka memiliki beragam fitur. Beragam fitur yang terkoneksi dengan tombol volume ini bisa dinonaktifkan dengan langkah yang sederhana. Berikut ini adalah caranya:Klik Setting -> Accessibility -> Guided Access. Setelah itu, aktifkan pilihan Guided Access. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement