Rabu 02 Aug 2023 16:13 WIB

Penjualan Iphone Melambat, Pendapatan Apple Diprediksi Anjlok

Pembeli menahan diri membeli model baru iPhone di tengah ekonomi yang lambat.

Apple Inc. Pendapatan perusahaan teknologi Apple Inc diprediksi turun didorong oleh melambatnya penjualan iPhone pada kuartal April-Juni.
Foto: AP
Apple Inc. Pendapatan perusahaan teknologi Apple Inc diprediksi turun didorong oleh melambatnya penjualan iPhone pada kuartal April-Juni.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendapatan perusahaan teknologi Apple Inc diprediksi turun didorong oleh melambatnya penjualan iPhone pada kuartal April-Juni. Pembeli menahan diri membeli model baru di tengah ekonomi yang lambat.

Perusahaan paling berharga di dunia akan menyelesaikan pendapatan Big Tech pada Kamis (3/8/2023). Perseroan diprediksi akan melaporkan penurunan pendapatan kuartalan sebesar 1,6 persen, menurut Refinitiv. Ini merupakan penurunan pendapatan kuartal ketiga paling tajam sejak 2016.

Baca Juga

Penjualan iPhone kemungkinan turun lebih dari 2 persen pada periode tersebut, menurut 24 analis yang disurvei oleh Visible Alpha. Sebelumnya, perseroan melaporkan hampir 3 persen pada tahun sebelumnya dan kenaikan 1,5 persen pada kuartal yang berakhir Maret.

Laporan triwulanan dapat menandai jeda dari musim pendapatan yang optimistis untuk perusahaan seperti Meta Platforms, Alphabet, dan Microsoft yang telah menunjukkan ketahanan dalam bisnis cloud mereka dan peningkatan dalam bisnis digital penjualan iklan.

"Apple tidak kebal terhadap tren ekonomi makro secara umum dan akan terus mengatur kecepatan (untuk industri smartphone) untuk beberapa waktu," kata Bob O'Donnell, pendiri TECHnalysis Research.

Dengan perincian tentang iPhone 15 baru yang diharapkan bulan depan, penjualan iPhone dapat memperoleh dorongan kecil pada kuartal Juli-September. Apalagi, iPhone ini dikatakan dapat menggunakan port USB-C yang lebih diterima secara universal pada beberapa model.

Apple secara tradisional tidak memberikan prospek triwulanan, tetapi analis memperkirakan perusahaan dapat menguraikan bagaimana menggunakan AI untuk meningkatkan produk yang akan datang.

Perusahaan sejauh ini menghindari kata kunci seperti AI di acara-acaranya, berbeda dengan raksasa teknologi termasuk Alphabet dan Microsoft. Bulan lalu, Bloomberg News melaporkan Apple diam-diam membangun kerangka kerjanya sendiri untuk membuat model bahasa besar yang dikenal sebagai "Ajax".

"Kami berharap komentar terbaru Apple tentang aspirasi AI-nya menjadi fokus," tulis analis di Well Fargo dalam catatan penelitian, menambahkan bahwa setiap komentar seputar teknologi dapat meningkatkan saham.

Saham Apple telah naik lebih dari 50 persen....

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement