Senin 31 Jul 2023 00:05 WIB

Tesla Telah Memilih Malaysia, Akankah Sukses Diboyong ke Indonesia?

Elon Musk disebut-sebut prihatin tentang kerangka peraturan Indonesia yang “kacau” .

Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan founder SpaceX Elon Musk saat kunjungan di pabrik produksi roket SpaceX di Boca Chica, AS, Sabtu (14/5/2022).
Foto:

Hanya beberapa hari kemudian, Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia memblokir Musk's X, situs media sosial yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, karena belum sesuai dengan undang-undang negara yang ketat terhadap pornografi, perjudian, dan pelanggaran online lainnya.

Indonesia memiliki 24 juta pengguna Twitter, tertinggi kelima di dunia setelah Amerika Serikat (95,4 juta), Jepang (67,5 juta), India (27,3 juta) dan Brasil (24,3 juta).

Musk jelas melihat Malaysia sebagai pasar ritel yang berpotensi tumbuh cepat, yang mungkin tidak menghalangi dia untuk melihat Indonesia sebagai sumber baterai EV atau komponen lain yang berkembang di masa depan yang berasal dari pemrosesan sumber nikel, kobalt, dan tembaga yang kaya.

Industri mobil Malaysia

Malaysia telah lama memiliki industri otomotif yang matang. Toyota, Nissan, Honda, Volvo, Porsche, BMW, dan Mercedes-Benz sudah beroperasi di Selangor dan pemerintah baru-baru ini meluncurkan inisiatif Battery Electric Vehicle Global Leaders untuk menarik pembuat EV, yang disebut Musk sebagai "berwawasan ke depan".

Sejak 2018, Otoritas Pengembangan Investasi Malaysia (MIDA) telah menyetujui 58 proyek EV senilai 5,8 miliar dolar AS, mulai dari pabrik perakitan hingga pabrik yang memproduksi suku cadang dan komponen pengisian daya.

Berbeda dengan Indonesia, Malaysia tidak memaksa investor memiliki mitra lokal. Selain itu, Malaysia memiliki ekosistem EV yang lebih siap, dengan 1.000 stasiun pengisian daya di seluruh negara berpenduduk 34 juta orang. Malaysia berencana untuk menambah 10.000 lagi pada tahun 2025 dan sebagian mengandalkan bantuan Tesla.

photo
General Manager PLN Doddy G Pangaribuan (kanan) berbincang dengan seorang pengendara yang melakukan pengisian daya mobil listrik di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Rest Area KM 6 Tol Jakarta-CIkampek, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). PLN menyiapkan 9 SPKLU di jalur Tol Trans Jawa untuk memfasilitasi para pemudik yang menggunakan kendaraan listrik. Jumlah SPKLU di Indonesia masih kurang dan angkanya jauh di bawah Malaysia. - (ANTARA/Fakhri Hermansyah)

 

Indonesia, sebagai perbandingan, hanya memiliki 450 stasiun pengisian daya, sebagian besar berada di Pulau Jawa. Dibutuhkan 20.000 stasiun pengisian daya selama dua tahun ke depan untuk melayani 400.000 mobil listrik yang ditargetkan – dan kemudian untuk memfasilitasi perjalanan jarak jauh di luar Jakarta.

Luhut tidak gentar dengan kejadian terkini. Dia mengatakan berencana untuk bertemu dengan Musk pada 2 Agustus dan menegaskan investasi Tesla masih dalam rencana meskipun ada kesepakatan dengan negara tetangga yang memiliki hubungan yang dekat, tetapi sering kali sulit.

Sejarah mencatat ke konflik bersenjata yang dikenal sebagai Konfrontasi di awal 1960-an atas penentangan Indonesia terhadap pembentukan negara Malaysia dari Federasi Malaya, bekas jajahan Inggris.

Kalah dari Malaysia sulit diterima oleh orang Indonesia, yang dirugikan pada tahun 2002 ketika Mahkamah Internasional memberikan pulau Sipadan dan Ligitan yang diperebutkan di Kalimantan di Laut Sulawesi ke Malaysia.

Memang, media Indonesia sangat sedikit berbicara tentang kemunduran Tesla, tanda rasa malu – atau mungkin bukti lebih lanjut dari kontrol pemerintah atas informasi yang tidak ingin disebarluaskan.

“Jika saya Musk, saya akan berinvestasi dulu di Malaysia,” kata seorang analis bisnis Indonesia. “Malaysia memiliki pendapatan per kapita yang lebih tinggi, yang berarti lebih banyak penjualan EV, dan infrastruktur jalan yang lebih baik. Untuk saat ini, pertumbuhan EV Indonesia ada di sekitar sepeda motor.”

Terlepas dari empat pertemuan dengan Tesla pada 2020-2021 – dan serangkaian pernyataan publik yang tampaknya terlalu percaya diri – tim negosiasi Luhut, yang juga termasuk menantunya, tidak dapat memenangkan hati Musk.

Dengan Presiden Widodo memanggilnya “super-jenius,” bahkan kunjungan pemimpin Indonesia pada Mei 2022 yang sangat dinanti-nantikan ke kompleks SpaceX mogul teknologi di dekat Brownsville di Pantai Teluk Texas gagal membuahkan hasil.

Musk memang tampak optimistis tentang investasi masa depan, tetapi di balik layar dia dilaporkan menyatakan keprihatinannya tentang kerangka peraturan Indonesia yang “kacau” dan tingginya tingkat korupsi, yang semakin memburuk dalam beberapa tahun terakhir.

Sesaat sebelum kunjungan Musk, Luhut mengeluhkan Musk yang terlalu banyak menuntut. “Tesla terlalu banyak mendikte,” katanya, menekankan perlunya perusahaan untuk memenuhi pedoman investasi dalam negeri Indonesia.

Luhut awalnya mendorong Tesla untuk membangun pabrik sistem penyimpanan energi (ESS) di kawasan industri Batang Jawa Tengah, tetapi fokus Musk hanya pada baterai dan bermitra dengan pemasok ramah lingkungan.

Dianggap sebagai kunci masa depan industri EV dan tenaga listrik, ESS adalah perangkat atau kombinasi perangkat yang mampu menyimpan energi dari panel surya dan turbin angin yang dapat digunakan di kemudian hari.

Hambatan peraturan

Musk juga disebut-sebut tidak memilih Indonesia karena pemerintah menginginkan investor EV

sumber : asiatimes.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement