Senin 31 Jul 2023 00:05 WIB

Tesla Telah Memilih Malaysia, Akankah Sukses Diboyong ke Indonesia?

Elon Musk disebut-sebut prihatin tentang kerangka peraturan Indonesia yang “kacau” .

Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan founder SpaceX Elon Musk saat kunjungan di pabrik produksi roket SpaceX di Boca Chica, AS, Sabtu (14/5/2022).
Foto:

untuk bermitra dengan Indonesian Battery Corporation (IBC) milik negara yang akan memungkinkan pengembangan terintegrasi dan mempercepat transfer teknologi, yang selalu menjadi masalah penting bagi Indonesia.

IBC adalah perusahaan induk yang terdiri dari Indonesia Asahan Aluminium (MIND ID), penambang emas dan nikel Aneka Tambang (Antam), perusahaan minyak Pertamina dan perusahaan utilitas Perusahaan Listrik Negara (PLN), yang masing-masing memegang 25 persen saham.

Luhut mengklaim pada Agustus tahun lalu bahwa Tesla telah menandatangani kontrak senilai sekitar 5 miliar dolar AS untuk membeli bahan baterai litiumnya dari fasilitas pemrosesan yang terkonsentrasi di Indonesia timur yang kaya nikel. Namun,  Luhut tidak memberikan detailnya.

Berita buruk lainnya bagi Indonesia adalah meningkatnya hambatan terhadap usulan kesepakatan perdagangan bebas dengan Amerika Serikat mengenai mineral penting yang digunakan dalam rantai pasokan baterai kendaraan listrik, yang akan membuka jalan bagi kredit pajak berdasarkan Undang-Undang Pengurangan Inflasi (IRA).

Sebagai produsen nikel terbesar di dunia, salah satu mineral penting tersebut, Indonesia telah melarang ekspor bijih nikel untuk memaksa pembangunan pabrik berbasis nikel di dalam negeri yang memproduksi baja tahan karat dan baterai lithium-ion.

Meskipun mitra perjanjian perdagangan bebas (FTA) AS menyumbang kurang dari 10 persen dari produksi nikel global, para analis mengatakan Washington kemungkinan akan mendorong Indonesia untuk membatasi larangan ekspor, yang sekarang juga berlaku untuk bauksit dan ke depannya akan berlaku untuk timah dan tembaga konsentrat.

Indonesia saat ini sedang mengajukan banding atas keputusan Organisasi Perdagangan Dunia yang menganggap larangan ekspor dan aturan pemrosesan domestik merupakan praktik perdagangan yang tidak adil, yang menyebabkan gangguan pasar tetapi dianggap sebagai kunci masa depan industri Indonesia.

Rintangan lebih lanjut dihadirkan oleh keterlibatan Cina dalam industri nikel, dengan pembuat baja Tsingshan dan perusahaan Cina lainnya menjadi investor dominan di tiga pusat kilang utama di Morawali dan Konawe di Sulawesi Tengah dan Tenggara serta Teluk Weda di Maluku.

Hal itu akan membuka jalan bagi perusahaan China untuk mendapatkan keuntungan secara tidak langsung dari kredit pajak IRA, sebuah pelanggaran ketentuan dalam undang-undang tentang teknologi baterai atau mineral penting yang bersumber dari "entitas asing yang menjadi perhatian".

Masalah ketiga berasal dari penggunaan eksklusif batu bara untuk menggerakkan Morawali dan Teluk Weda, yang tampaknya menghalangi Indonesia untuk mendapatkan keuntungan dari kredit pajak mengingat penekanan yang diberikan IRA pada penggunaan energi terbarukan.

Setelah kunjungan ke Morawali tahun lalu, di mana masalah ketenagakerjaan juga menjadi masalah, eksekutif Tesla menggarisbawahi fokus tunggal Musk pada energi bersih, yang diangkat selama diskusi perusahaan dengan orang Indonesia.

Para analis meragukan pemerintah AS akan menjalankan rencana FTA terbatas, dengan fokus yang sempit, dengan mengatakan bahwa para pejabat pertama-tama ingin melihat lebih banyak kemajuan di Indonesia dalam mengimplementasikan Kemitraan Transisi Energi (JETP) Kelompok Tujuh senilai 20 miliar dolar AS yang ditandatangani November lalu.

Di bawah program tersebut, yang didanai baik dari sumber publik maupun swasta, Pemerintah Indonesia telah berjanji untuk menghentikan pembangkit listrik berbahan bakar batu bara pada tahun 2030, lebih cepat dari target awal tahun 2037, dan untuk menghasilkan 34 persen  listriknya dari sumber energi terbarukan pada akhir dekade ini. .

Dalam sebuah opini baru-baru ini, direktur Kamar Dagang Amerika Indonesia Wayne Forrest menggambarkan jalan Indonesia menuju masa depan EV sebagai “logis sekaligus membingungkan.”

Logis, dalam arti memiliki bahan baku yang melimpah untuk manufaktur bernilai tambah, katanya, namun membingungkan jika tidak bisa dilakukan dengan harga pasar yang terjangkau dan tanpa mendistorsi pasar internasional.

Dia mencatat bahwa meskipun Indonesia adalah produsen terbesar kedua di dunia, Indonesia tidak pernah memberlakukan larangan ekspor untuk karet, yang sama pentingnya untuk mobil bertenaga bensin seperti halnya nikel dan mineral lainnya sekarang untuk kendaraan listrik.

Forrest mengatakan terlepas dari peran sentralnya dalam kendaraan, karet terus memainkan peran penting dalam industri perawatan kesehatan di mana penggunaan bahan yang lebih baru untuk melindungi perawat dan dokter tidak akan tersebar luas jika ekspor dibatasi.

Tahun lalu, Indonesia memperoleh lebih dari 5 miliar dolar AS dari ekspor 3,14 juta metrik ton karet alam, yang sebagian besar ditanam di Sumatera Utara, Jawa Barat dan Jawa Timur serta Kalimantan dan memperkerjakan 1,3 juta pekerja.

sumber : asiatimes.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement