Jumat 21 Jul 2023 11:02 WIB

Jurus Jitu Perusahan Perangkat IT dari Jepang di Indonesia Sabet Penghargaan 

Layanan pelanggan merupakan jurus ampuh untuk perusahaan

Layanan pelanggan merupakan jurus ampuh untuk perusahaan.
Foto: Dok Istimewa
Layanan pelanggan merupakan jurus ampuh untuk perusahaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Langkah jitu dilakukan perusahaan perangkat IT terkemuka dari Jepang dalam meraih penghargaan ‘Service Quality Award 2023’ ini bisa dijadikan inspirasi. 

PT Brother International Sales Indonesia, perusahaan yang menjual produk-produk ,seperti printer, printer label, scanner, dan mesin jahit dengan merek BROTHER ini mendapat predikat Golden Total Service Quality Satisfaction Based on Customer Perception Survey SQIndex 2023, untuk kategori Printer After Sales Service.  

Baca Juga

Dilihat dari dimensi Perceived Service Quality Riset SQI 2023, Brother Index mendapatkan skor 4,2791. Skor ini berada di atas rata-rata industri yang sebesar 4,2585. 

Indeks ini secara umum menjelaskan bahwa aksesibilitas layanan (Service Accessibility), proses layanan (Service Process) dan sumber daya manusia (People) PT Brother International Sales Indonesia berada di atas rata-rata industri.

Lalu, apa kunci suksesnya? Service Manager PT Brother International Sales Indonesia, Ahmad Nuralam mengatakan, pencapaian ini merupakan hasil kerja keras perusahaan dalam mewujudkan moto Brother yaitu ‘At Your Side’, di mana keinginan Brother adalah ‘melayani pelanggan dan membuat mereka bahagia’.  

“Filosofi ini mewakili komitmen Brother untuk mengutamakan pelanggan,” ujar Ahmad Nuralam, Jumat (20/7/2023) dalam keterangannya. 

Service Quality Award merupakan penghargaan terhadap perusahaan yang mempunyai komitmen tinggi terhadap kualitas layanan kepada pelanggannya. Acara tahunan yang sudah 17 kali dilaksanakan ini didasarkan pada riset Service Quality Index (SQI).   

Brother dinilai excellent dalam memberikan layanan purna jual kepada konsumen baik dalam hal menangani keluhan pelanggan, kenyamanan serta kemudahan mengakses Customer Care dan authorized service partners Brother yang tersedia di lebih dari 87 kota di indonesia.  

Ahmad Nuralam memaparkan, dari dimensi Perceived Service Quality Riset SQI 2023, Brother Index mendapatkan skor 4,2791. Skor ini berada di atas rata-rata industri yang sebesar 4,2585. Secara keseluruhan, pencapaian indeks subdimensi Aksesibilitas Layanan Brother juga mencapai skor 4,3111. Nilai ini juga berada di atas rata-rata industri yang sebesar 4,2435. 

Tahun ini, SQI 2023 dilakukan dengan melibatkan lebih dari 3.500 responden di empat kota besar di Indonesia yakni Jabodetabek, Semarang, Surabaya, dan Medan. 

Keempat kota tersebut dianggap sebagai barometer kualitas pelayanan, yang diukur mulai Januari hingga Maret 2023. Riset tersebut mengukur persepsi atas pengalaman pelanggan terhadap pelayanan yang mereka terima dalam enam bulan terakhir.    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement