Jumat 09 Jun 2023 05:36 WIB

Bank Mandiri: Kesetaraan Gender Harus Dijaga dalam Jajaran Eksekutif

Kementerian BUMN komitmen mendukung minimal 25 persen kepemimpinan perempuan di BUMN.

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi (kanan) bersama Wakil Direktur Utama Alexandra Askandar (kiri). Bank Mandiri dukung kesetaraan gender di level pimpinan bank.(ilustrasi)
Foto: Republika/Prayogi
Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi (kanan) bersama Wakil Direktur Utama Alexandra Askandar (kiri). Bank Mandiri dukung kesetaraan gender di level pimpinan bank.(ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Alexandra Askandar mengatakan semua perusahaan, khususnya perbankan harus menjaga pentingnya kesetaraan gender dalam jajaran eksekutif perusahaan.

Kesetaraan gender yang dimaksud komposisi yang seimbang antara karyawan laki-laki dan perempuan pada level manajemen bawah, menengah, maupun eksekutif.

Baca Juga

"Kita harus memastikan bahwa keseimbangan ini tetap terjaga di level top pimpinan yang mana kalau di Bank Mandiri di awal memang komposisinya 50 50, di 'middle management' itu rata-rata di angka 30 persen, kemudian menjadi 20 persen, tapi sekarang ini kalau kita bicara di 'board Of director' memang angkanya lebih 25 persen," kata Alexandra di Jakarta, Kamis (8/6/2023) lalu.

Selain itu, Alexandra mengapresiasi komitmen Kementerian BUMN untuk terus menjaga kesetaraan gender dengan menetapkan minimal 25 persen kepemimpinan perempuan dalam perusahaan BUMN.

Bank Mandiri juga berkomitmen untuk membina dan mengembangkan para perempuan agar mampu bekerja secara fleksibel, katanya.

"Untuk karyawan perempuan kami yang berminat mengembangkan karir, maka kami 'support' penuh dengan memberikan pelatihan, 'workshop', dan 'mentorship'," ujarnya.

Bank Mandiri mengalami kemajuan signifikan dalam penerapan kesetaraan gender. Pada tahun 2021, karyawan perempuan mencapai 43 persen, dan 30 persen dari mereka memegang peran kunci kepemimpinan.

Hal itu disampaikan Alexandra dalam forum diskusi bertajuk "Empowering Woman" sekaligus peluncuran Buku "Empowering Women: A Collection of Thoughts to Advance the Workplace" yang diinisiasi Kearney. Buku tersebut menampilkan kisah-kisah perempuan yang berhasil menembus berbagai batasan untuk menjadi pemimpin sukses.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement