Senin 29 May 2023 11:21 WIB

Cara Erdogan Ngeles dari Serangan Ekonomi Barat

Kebijakan ekonomi Erdogan tidak berdiri sendiri melainkan memanfaatkan potensi global

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Lida Puspaningtyas
Sekjen PBB Antonio Guterres mengucapkan selamat kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan atas kemenangannya dalam pemilihan presiden putaran kedua, Ahad (28/5/2023).
Foto:

4. Memanfaatkan sektor pariwisata

Kementerian Pariwisata dan Budaya Turki menyampaikan kedatangan 9,6 juta wisatawan mancanegara dalam empat bulan pertama 2023. Jumlah tersebut naik 27,51 persen (yoy) yang didominasi oleh kunjungan ke Istanbul.

Kota terpadat di Turki ini menerima lebih dari setengah dari kedatangan wisatawan, yakni 4,77 juta orang pada kuartal I 2023. Diikuti oleh Antalya dengan 1,6 juta kedatangan dan Edirne yang merupakan perbatasan dengan Bulgaria dan Yunani. Pariwisata adalah sektor yang sangat diandalkan untuk perekonomian masyarakat Turki.

Pendapatan dari pariwisata Turki mencapai rekor 46,3 miliar dolar AS pada 2022, naik 53 persen (yoy). Meski sebenarnya, defisit perdagangannya membengkak 109 miliar dolar AS dipengaruhi perang di Ukraina yang berimbas pada sektor energi. Secara total, kedatangan wisatawan asing mencapai 44,6 juta orang tahun lalu

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement