Senin 22 May 2023 15:23 WIB

Wuling Turunkan Harga Mobil Listrik Mini EV, Termasuk Wuling Air EV?

Mini EV termasuk segmen yang sangat laris di China.

Mobil listrik Wuling Air EV penjualannya di Indonesia meningkat pada April 2023.
Foto: Republika/Firkah Fansuri
Mobil listrik Wuling Air EV penjualannya di Indonesia meningkat pada April 2023.

REPUBLIKA.CO.ID,BEIJING - Wuling Motors China telah menurunkan harga untuk kendaraan listrik Mini EV. Wuling kini mematok harga produk mobil listrik salah satu yang terlaris di China tersebut mulai 29.800 yuan (4.300 dolar AS atau Rp 64,5 juta dengan kurs Rp 15.000 per dolar AS).

Menurut keterangan Wuling, Senin (22/5/2023), beberapa model mobil listrik pemotongan harganya sebanyak 13.000 yuan.

Baca Juga

Wuling Motors Indonesia belum merespons pertanyaan yang disampaikan oleh Republika.co.id apakah harga Wuling Air EV yang dipasarkan di Indonesia juga akan diturunkan seperti yang dilakukan perusahaan induknya di China.

Sementara, Wuling Motors Indonesia dalam penjelasan Ahad (21/5/2023), mencatat lonjakan penjualan mobil listrik Wuling Air EV selama April 2023. Kenaikan penjualan itu, menurut perusahaan, didorong oleh program insentif pajak yang diberikan pemerintah dalam upaya migrasi masyarakat menggunakan kendaraan listrik yang bebas emisi.

Direktur Marketing Wuling Motor Dian Asmahani mengatakan, laju penjualan Wuling Air EV selama April tercatat tembus 747 unit. Angka penjualan itu naik 107 persen atau dua kali lipat dari penjualan selama Maret sebanyak 360 unit. "Kami melihat konsumen merespons dengan baik insentif ini," kata Dian kepada Republika, Ahad (21/5/2023).

Ia menuturkan, program subsidi lewat diskon pajak pertambahan nilai (PPN) menjadi 1 persen yang dimulai 1 April 2023 diharapkan membawa angin segar bagi industri otomotif. Khususnya sebagai produsen mobil listrik yang tengah menjadi fokus pemerintah.

Diskon pajak itu, Dian melanjutkan, pun dapat dimanfaatkan konsumen yang ingin memiliki atau bermigrasi kepada kendaraan bertenaga listrik. "Kami berharap kesempatan ini menjadi momen tepat bagi masyarakat untuk dapat memiliki mobil listrik," ujarnya.

Seperti diketahui, Wuling Motor bersama Hyundai menjadi dua produsen mobil listrik yang masuk dalam program insentif pajak pemerintah. Kedua produsen terpilih karena telah memenuhi syarat tingkat komponen dalam negeri (TKDN) kendaraan minimal 40 persen sesuai peraturan.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement