Jumat 19 May 2023 00:06 WIB

Mobil Listrik Wuling Binggo Diperkenalkan di Indonesia, Ini Tujuan Wuling

Wuling ingin menunjukkan sebagai merek yang fokus mengembangkan mobil listrik.

Mobil Listrik Wuling Binggo ditampilkan dalam pameran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023.
Foto: Republika/Firkah Fansuri
Mobil Listrik Wuling Binggo ditampilkan dalam pameran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA- Mobil listrik Wuling Bingo, di Indonesia diprkenalkan dengan nama Binggo, sangat diminati oleh konsumen di negara asalnya China. Sejak diluncurkan 29 Maret 2023 lalu, Bingo dibanjiri pesanan.

Pada April Wuling mengumumkan pengiriman 16.383 unit Wuling Bingo. EV budget yang mirip Honda Brio dan dipasarkan seharga 59.800 yuan (8.600 dolar AS). 

Baca Juga

Wuling Bingo adalah hatchback 5 pintu, 4 tempat duduk, dan berukuran 3950/1708/1580mm (panjang/lebar/tinggi), dan jarak sumbu roda 2560mm. Bingo berpenggerak roda depan dengan motor 30 kW atau 50 kW dengan torsi puncak masing-masing 110 Nm atau 150 Nm. Kecepatan tertinggi dibatasi hingga 100 km/jam, dan bobot 990 kg. 

Bingo memiliki baterai LFP 17,3 kWh atau 31,9 kWh dengan jangkauan CLTC 203 km atau 333 km. Kisaran harganya adalah 58.800 – 83.800 yuan.

Di dalam kabin terdapat layar kembar yang terbagi menjadi panel instrumen 7″ dan layar infotainment 10,25″, mirip dengan yang kita lihat di dalam Mercedes CLA baru. Ling OS menjalankan sistem kendaraan ini.

Dengan kursi diturunkan, ruang kargo menjadi 790 liter, dan juga memiliki kasur tiup opsional di bagian belakang. Secara resmi untuk digunakan saat berkemah atau pergi ke alam.  Bingo adalah city car yang ditujukan untuk anak muda.

Di pameran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023 yang berlangsung sejak Rabu (17/5/2023) di JIExpo Kemayoran, Wuling Motors memamerkan Wuling Binggo dan satu unit E300 dengan kapabilitas autonomous driving. Wuling Binggo dan E300 dengan inovasi autonomous driving sudah dipasarkan, dan mendapat respons positif di China.

 “Dengan membawa kedua lini produk global, Wuling Binggo dan E300 dengan autonomous ke PEVS 2023, kami ingin menunjukkan wujud komitmen Wuling sebagai brand otomotif yang kredibel dan fokus terhadap pengembangan segmen EV,” kata Brand & Marketing Director Wuling Motors Indonesia, Dian Asmahani kepada Republika.co.id, Kamis (18/5/2023).

Dian menambahkan saat ini belum ada rencana untuk menjual Wuling Binggo di Indonesia. “Kami juga sampaikan bahwa kedua EV tersebut merupakan unit display dan bukan untuk dijual,” kata Dian lagi.

Dominasi Wuling

Wuling Bingo merupakan produk joint venture internasional antara GM, SAIC, dan Wuling (SGMW) yang sangat percaya diri akhir-akhir ini. Dua tahun lalu, mereka meluncurkan Hongguang Wuling Mini EV terlaris mereka, dan sejak saat itu, dominasinya terus berlanjut.

SGMW memetik kesuksesan Mini EV dengan meluncurkan berbagai pilihan, seperti Mini EV convertible. Kemudian mereka meluncurkan Wuling Air EV, EV internasional pertama mereka dijual di sejumlah negara, termasuk Indonesia. Saat ini Air EV mulai dijual di India dan diubah namanya menjadi MG Comet di negara itu. MG adalah bekas merek Inggris di bawah SAIC.

Dan SGMW tidak berhenti – mereka sedang mempersiapkan 'SUV mini' baru Baojun Yap, yang tidak diragukan lagi merupakan mobil paling keren di China. SGMW adalah hegemoni di China dalam hal EV murah, mengalahkan seri Chery QQ Ice Cream dalam kualitas dan popularitas Changan Lumin.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement