Jumat 28 Apr 2023 00:09 WIB

CEO Honda Motors Akui Honda Tertinggal di Belakang Produsen Mobil Listrik China

Merek China canggih di arena EV, tapi Honda berjanji untuk melawannya.

Honda eNS1 akan dijual untuk pasar China.
Foto: CarExpert
Honda eNS1 akan dijual untuk pasar China.

REPUBLIKA.CO.ID,CEO Honda Motors Co telah membuat pengakuan jujur yang mengejutkan tentang ancaman yang ditimbulkan oleh pembuat mobil China setelah menghadiri pameran otomotif di Shanghai, China.

 

Baca Juga

"Mereka di depan kita, bahkan lebih dari yang diharapkan," kata CEO Honda Toshihiro Mibe dalam sambutannya dilansir Automotive News.

 

“Kami sedang memikirkan cara untuk melawan. Kalau tidak, kita akan kalah dalam persaingan ini,” tambahnya.

 

“Kami menyadari bahwa kami sedikit tertinggal, dan kami bertekad untuk membalikkan keadaan.”

 

Dia bukan satu-satunya eksekutif yang berbicara tentang merek China, dengan chief operating officer Shinji Aoyama mengatakan: "Kami kewalahan oleh orang China".

 

Honda pekan ini merilis lebih banyak informasi tentang rencana kendaraan listriknya, setelah mengonfirmasi rencananya untuk menjual dua juta mobil listrik (EV) dan kendaraan listrik sel bahan bakar hidrogen pada tahun 2030 dan menghentikan produksi kendaraan bertenaga pembakaran pada tahun 2040 (2035 di Cina).

 

Rencana EV perusahaan tampak sedikit demi sedikit dan sangat terfokus pada wilayah, setidaknya dibandingkan dengan perusahaan seperti Volkswagen serta perusahaan China seperti BYD.

 

Saat ini hanya menjual sepasang SUV kecil di China, ditambah hatchback "e" di pasar seperti Jepang dan Eropa.

 

Di Shanghai, terungkap prototipe e:NP2 dan e:NS2 serta konsep Prolog SUV e:N, yang semuanya akan dijual di China pada akhir tahun 2024. Ini akan menjadi bagian dari 10 model EV baru yang diluncurkan di China pada tahun 2027.

 

Perusahaan sedang mengembangkan EV yang berbeda untuk Jepang, China, dan AS, dan mendaftarkan mitra seperti Sony dan General Motors.

 

Pada tahun 2025, Honda akan memperkenalkan EV "ukuran sedang hingga besar" di Amerika Utara dengan arsitektur E&E baru, yang berasal dari platform EV khusus Honda yang sudah ada tetapi dengan konektivitas layanan digital yang lebih besar.

 

Ini akan mengikuti Prolog Honda yang terungkap sebelumnya dan menggoda Acura ZDX, SUV yang akan dirilis pada tahun 2024 menggunakan dasar-dasar Ultium GM.

 

Kemitraan GM-nya akan berlanjut, dengan Honda mencatat kedua perusahaan "akan terus menjajaki berbagai kolaborasi" dengan rangkaian Ultium EV yang lebih "terjangkau" di "2027 dan seterusnya".

 

Di Jepang, Honda akan meluncurkan mini-EV komersial berbasis N-VAN pada paruh pertama tahun 2024, diikuti oleh EV berbasis N-ONE pada tahun 2025 dan dua EV kecil pada tahun 2026. Salah satunya adalah SUV.

 

Pada tahun 2022, Honda menjanjikan lima triliun yen, atau sekitar 53 miliar dolar AS, untuk elektrifikasi.

 

Awal tahun ini, ia menyelesaikan perombakan organisasi, menggabungkan upaya elektrifikasi di seluruh bisnis otomotif, sepeda motor, dan produk listriknya, sementara juga membagi operasi regionalnya menjadi divisi terpisah di Amerika Utara, China, dan Wilayah Terkait.

 

Secara lokal, Honda Australia berencana untuk melakukan transisi ke EV secara bertahap, memastikan tidak ada rencana untuk memperkenalkan kendaraan listrik apa pun selama lima tahun ke depan. “Strategi elektrifikasi kami adalah tentang menggunakan hybrid untuk menjembatani elektrifikasi di masa depan, saat ini kami tidak memiliki rencana untuk memperkenalkan EV,” kata bos Honda Australia Carolyn McMahon kepada CarExpert awal tahun ini.

 

Mibe-san bukan satu-satunya CEO yang memuji merek China, dengan CEO Ford Jim Farley menjadi yang lainnya. “Ada satu perusahaan besar yang sangat mengesankan, BYD. Mereka berada di dunia yang sama sekali berbeda dari Tesla, ”kata Farley awal bulan ini dalam sambutannya yang dilaporkan oleh Reuters.

 

“Mereka benar-benar terintegrasi secara vertikal, sepenuhnya, sampai ke baterai. Tidak ada yang melakukan itu di dunia.”

 

Dia mencatat keberhasilan merek-merek baru di China yang fokus pada elektrifikasi, teknologi, dan pengalaman digital, antara lain Li Auto, Nio, dan Xpeng. “Diferensiasi benar-benar bermuara pada teknologi dan layanan,” katanya.

 

“Mereka semua cantik. Semua kendaraan ini sangat indah. Pergi ke Cina.”

 

 

 

sumber : CarExpert
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement