Sabtu 28 Jan 2023 16:06 WIB

Saingi Mastercard dan Visa, Nigeria Luncurkan AfriGo

AfriGo tak menghentikan operasi pembayaran kartu internasional Mastercard dan Visa.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Fuji Pratiwi
Bendera Nigeria (ilustrasi). Bank Sentral Nigeria telah meluncurkan kartu domestik, AfriGo, untuk menyaingi kartu asing seperti Mastercard dan Visa.
Foto: mapsofworld.com
Bendera Nigeria (ilustrasi). Bank Sentral Nigeria telah meluncurkan kartu domestik, AfriGo, untuk menyaingi kartu asing seperti Mastercard dan Visa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Sentral Nigeria telah meluncurkan kartu domestik, AfriGo, untuk menyaingi kartu asing seperti Mastercard dan Visa. Gubernur Bank Sentral Nigeria (CBN) Godwin Emefiele berharap kartu ini meningkatkan transaksi nontunai dan juga menghemat biaya transaksi luar negeri.

"Tantangan yang membatasi masuknya orang Nigeria termasuk tingginya biaya layanan kartu sebagai akibat dari persyaratan valuta asing skema kartu internasional dan fakta bahwa produk kartu yang ada tidak mengatasi kekhasan pasar lokal di Nigeria," ujar Emefiele seperti dilansir Republika dari Aljazeera pada Sabtu (28/1/2023).

Baca Juga

Emefiele mengatakan Nigeria bergabung dengan China, Rusia, India, dan Turki dalam meluncurkan skema kartu domestik. AfriGo sendiri dimiliki oleh CBN dan Nigeria.

Emefiele menyebut kehadiran AfriGo tidak berarti menghentikan operasi penyedia layanan kartu internasional seperti Mastercard dan Visa. AfriGo, ucap Emefiele, memberikan lebih banyak pilihan bagi konsumen domestik dengan cara yang hemat biaya dan kompetitif.

"Nigeria, ekonomi terbesar di Afrika, memiliki lebih dari 200 juta orang dan mayoritas masih menggunakan uang tunai karena mereka tinggal di pedesaan yang tidak memiliki bank," kata dia.

Untuk mempromosikan inklusi keuangan di daerah terpencil, lanjut Emefiele, CBN telah meluncurkan program pertukaran uang tunai yang memperkenalkan versi mata uang lokal yang didesain ulang, Naira.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلْيَسْتَعْفِفِ الَّذِيْنَ لَا يَجِدُوْنَ نِكَاحًا حَتّٰى يُغْنِيَهُمُ اللّٰهُ مِنْ فَضْلِهٖ ۗوَالَّذِيْنَ يَبْتَغُوْنَ الْكِتٰبَ مِمَّا مَلَكَتْ اَيْمَانُكُمْ فَكَاتِبُوْهُمْ اِنْ عَلِمْتُمْ فِيْهِمْ خَيْرًا وَّاٰتُوْهُمْ مِّنْ مَّالِ اللّٰهِ الَّذِيْٓ اٰتٰىكُمْ ۗوَلَا تُكْرِهُوْا فَتَيٰتِكُمْ عَلَى الْبِغَاۤءِ اِنْ اَرَدْنَ تَحَصُّنًا لِّتَبْتَغُوْا عَرَضَ الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا ۗوَمَنْ يُّكْرِهْهُّنَّ فَاِنَّ اللّٰهَ مِنْۢ بَعْدِ اِكْرَاهِهِنَّ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ
Dan orang-orang yang tidak mampu menikah hendaklah menjaga kesucian (diri)nya, sampai Allah memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan jika hamba sahaya yang kamu miliki menginginkan perjanjian (kebebasan), hendaklah kamu buat perjanjian kepada mereka, jika kamu mengetahui ada kebaikan pada mereka, dan berikanlah kepada mereka sebagian dari harta Allah yang dikaruniakan-Nya kepadamu. Dan janganlah kamu paksa hamba sahaya perempuanmu untuk melakukan pelacuran, sedang mereka sendiri menginginkan kesucian, karena kamu hendak mencari keuntungan kehidupan duniawi. Barangsiapa memaksa mereka, maka sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang (kepada mereka) setelah mereka dipaksa.

(QS. An-Nur ayat 33)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement