Senin 22 Apr 2024 17:55 WIB

BRImo Digencarkan, Nasabah Kurangi Tarik Uang Tunai Saat Libur Lebaran

Transaksi tarik tunai pada libur Lebaran tahun Rp 33 triliun, turun 10 persen yoy.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Fuji Pratiwi
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI makin memudahkan nasabah melalui aplikasi BRImo.
Foto: Bank BRI
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI makin memudahkan nasabah melalui aplikasi BRImo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama 12 hari libur lebaran 2024, Bank Rakyat Indonesia (BRI) mencatat transaksi tarik tunai ATM menurun 10 persen ///year on year (yoy) dari tahun sebelumnya. Layanan selama libur Lebaran tersebut merupakan komitmen BRI memberikan layanan terbaiknya melalui Gerakan Siaga Terpadu (BRIGesit) Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2024.

"Untuk tarik tunai pada mesin ATM, tercatat turun 10 persen yoy menjadi Rp 33 triliun dari yang sebelumnya Rp 36,6 triliun pada 2023," ujar Direktur Retail Funding & Distribution BRI Andrijanto dalam keterangan tertulis, Senin (22/4/2024).

Baca Juga

Menurunnya transaksi penarikan uang tunai di ATM BRI tak lepas dari penetrasi BRImo yang terus dilakukan dengan gencar oleh perseroan. Transaksi perbankan secara digital yang lebih mudah diakses dan fleksibel. 

"BRI senantiasa melakukan pengembangan berkelanjutan pada Super Apps BRImo yang saat ini memiliki lebih dari 100 fitur dan layanan yang memudahkan masyarakat bertransaksi salah satunya untuk berbelanja di merchant dengan QRIS dan EDC BRI," ujarnya.

Masyarakat juga dimanjakan dengan berbagai pogram dan promo menarik di merchant kerjasama BRI tersebut. Untuk keperluan mudik, masyarakat juga telah dipermudah dengan fitur Top-Up BRIZZI dan setor-tarik tanpa kartu melalui BRImo. Selain itu, masyarakat dapat memanfaatkan jaringan e-channel seperti ATM dan CRM yang berjumlah 21.259 dan tersebar di seluruh Indonesia. 

"Masyarakat juga dapat memanfaatkan layanan laku pandai AgenBRILink yang jumlahnya mencapai 796 ribu agen yang tersebar di seluruh pelosok negeri," imbuh Andrijanto.

Selama periode libur lebaran 2024 perseroan juga telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp 34 triliun. Adapun BRIGesit RAFI merupakan operasi kesiapan seluruh layanan BRI, termasuk salah satunya adalah kesiapan perangkat e-Channel ATM, CRM dan EDC pada saat Ramadan dan Lebaran 1445 H.

Dalam program ini, terdapat lima aspek layanan utama yang disiapkan mulai dari ketersediaan kas, kesiapan Kantor Layanan Terbatas, e-Channel support, Digital Channel, IT & Network System, dan Campaign Program. Jumlah aspek ini menunjukkan terjadinya perluasan ruang lingkup program BRIGesit tahun-tahun sebelumnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement