Jumat 20 Jan 2023 15:21 WIB

Nilai Transaksi GoFood di Indonesia dan Vietnam Meningkat Dua kali Lipat

Nilai transaksi GoFood Indonesia dan Vietnam tumbuh lebih dari dua kali lipat.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Lida Puspaningtyas
Warga membeli jajanan tradisional yang dijual di Kampoeng Tjibarani di kawasan bantaran Sungai Cikapundung, Cidadap, Kota Bandung, Ahad (15/1/2023). Selain menjadi kawasan wisata alternatif di Kota Bandung, kawasan bantaran Sungai Cikapundung tersebut menjadi salah satu contoh upaya menjaga kelestarian alam khususnya sungai.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Warga membeli jajanan tradisional yang dijual di Kampoeng Tjibarani di kawasan bantaran Sungai Cikapundung, Cidadap, Kota Bandung, Ahad (15/1/2023). Selain menjadi kawasan wisata alternatif di Kota Bandung, kawasan bantaran Sungai Cikapundung tersebut menjadi salah satu contoh upaya menjaga kelestarian alam khususnya sungai.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kinerja PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk dalam memperkuat layanan GoFood di Indonesia dan Vietnam membuahkan hasil. Layanan online food delivery (OFD) Gojek tersebut mampu meningkatkan nilai transaksi di atas rata-rata industri pesan-antar makanan Asia Tenggara.

Hasil positif itu diklaim berkat pertumbuhan jumlah pelanggan dan meningkatnya rata-rata nilai transaksi per pelanggan di semester II 2022. Dibandingkan 2021, nilai transaksi GoFood Indonesia dan Vietnam berhasil tumbuh lebih dari dua kali lipat lebih tinggi dari rata-rata industri pesan-antar makanan di Asia Tenggara di 2021.

Baca Juga

Pencapaian GoFood selama 2022 disokong oleh peningkatan proporsi pelanggan setia di Indonesia dari 38 persen menjadi 52 persen dari total jumlah pelanggan GoFood. Tren positif bisnis GoFood di Indonesia diikuti bisnis GoFood di Vietnam, yang mana nilai transaksi meningkat lebih dari dua kali lipat dibanding tahun 2021.

"Kesuksesan ini merupakan wujud keberhasilan strategi GoFood yang berfokus pada pertumbuhan basis pelanggan setia dan berkualitas melalui inovasi produk," kata Head of Food and Indonesia Sales & Ops PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk Catherine Hindra Sutjahyo, Jumat (20/1/2023).

Tidak hanya di sisi pelanggan, GoFood pun mampu mengembangkan solusi bagi mitra usaha kuliner agar mereka dapat menargetkan segmen pelanggan dengan lebih efektif. Secara bersamaan, GoFood juga membantu mitra usaha kuliner dalam meningkatkan keahlian mengelola bisnis secara berkelanjutan.

"Tujuannya agar basis pelanggan setia di GoFood dapat tumbuh dan mendukung bisnis yang sehat tanpa ketergantungan pada promosi," kata Catherine.

GoFood juga menjaga keberlangsungan ekosistem agar para mitra usaha kuliner dapat terus mengembangkan bisnisnya, termasuk melalui Dapur Bersama yang merupakan layanan cloud kitchen untuk mendorong ekspansi mitra usaha dan mendekatkan pelanggan dengan kuliner favorit mereka.

Di 2022, di tengah maraknya layanan cloud kitchen yang gulung tikar di industri OFD, jumlah Dapur Bersama GoFood justru meningkat 170 persen dibandingkan tahun 2021, yakni menjadi 73 lokasi Dapur Bersama yang tersebar di 12 kota besar di Indonesia. Sementara, jumlah mitra usaha kuliner GoFood di Indonesia pada 2022 meningkat sebanyak 45 persen dibanding 2021.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement