Senin 09 Jan 2023 21:10 WIB

Terapkan Strategi Ini Agar Bisnis Tetap Diminati di Era Digital

Pelaku usaha perlu fokus pada manfaat produk untuk kebutuhan konsumen.

Warga menggunakan perangkat elektronik untuk berbelanja obat secara daring di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (24/10/2022). Dalam menghadapi perkembangan zaman, para pelaku usaha harus dapat beradaptasi dengan menerapkan strategi-strategi baru yang sesuai agar bisnis tetap bertahan dan naik kelas.
Foto:

3. Communal Activation: Jualan tak harus punya toko

Berkembangnya platform jual beli online membuat penjualan offline tak lagi jadi pilihan utama. Usaha kecil dan menengah pun bisa langsung memulai berjualan tanpa harus memikirkan tempat.

Pelaku usaha bisa memulai sebuah komunitas yang seiring dengan nilai brand yang dimiliki. Dengan ini, pelaku usaha dapat menargetkan jauh lebih banyak orang dan menghasilkan penjualan yang jauh lebih tinggi.

Namun, pelaku usaha juga harus melakukan riset dan mengetahui saluran di mana pelanggan biasa mencari produk. Setelah itu, jual produk sesuai dengan kebiasaan mereka dan hilangkan semua hambatan yang dihadapi saat membeli produk. Ingat, pemasaran 4C sangat mengutamakan kenyamanan pelanggan, tidak hanya ketika tatap muka tapi juga ketika belanja di online.

4. Conversation: Metode pemasaran dengan libatkan konsumen

Jangan hanya menjual barang atau jasa, tapi ciptakan juga sebuah conversation atau percakapan dengan konsumen untuk memberikan layanan dan pengalaman terbaik. Pelaku usaha bisa melakukan aktivitas yang memberikan kesempatan untuk bertukar pikiran dengan pelanggan, misalnya lewat kegiatan bazar.

 

Perubahan strategi tersebut tentu dapat disesuaikan dengan kondisi bisnis. Identifikasi dan pahami cara apa yang bekerja dan tidak bekerja agar bisnis bisa terus bertahan dan berkembang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement