Senin 08 Apr 2024 11:24 WIB

Jelang Lebaran, Ini Barang yang Paling Banyak Dibeli di E-Commerce

Penjualan fashion Muslim naik hingga 12,5 kali lipat.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Lida Puspaningtyas
Tren belanja di bulan Ramadhan didominasi oleh produk fashion, otomotif, dan makanan minuman.
Foto: Dok Republika
Tren belanja di bulan Ramadhan didominasi oleh produk fashion, otomotif, dan makanan minuman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah Tunjangan Hari Raya (THR) Lebaran turun, Tokopedia menyatakan, animo belanja masyarakat dalam berbelanja cenderung meningkat. Dalam platform e-commerce tersebut, sejumlah kategori produk, seperti Fashion Muslim, Fashion Wanita, Fashion Anak dan Bayi, Otomotif serta Makanan dan Minuman, mengalami kenaikan penjualan signifikan.

Sedangkan pada platform Shop | Tokopedia di aplikasi Tiktok, beberapa kategori produk, yaitu Kecantikan dan Perawatan Diri, Elektronik, Fashion Wanita, Fashion Muslim, serta Fashion Pria, juga mengalami peningkatan transaksi yang sangat tinggi. Itu berdasarkan data 25-31 Maret 2024 dibandingkan rata-rata transaksi mingguan pada Februari 2024.

Baca Juga

Head of Communications Tokopedia Aditia Grasio Nelwan mengatakan, perusahaan melihat masyarakat mulai lebih banyak membeli berbagai produk kebutuhan yang berkaitan erat dengan Lebaran.

"Seperti untuk mudik dan berkunjung ke rumah keluarga atau kerabat melalui Tokopedia maupun Shop | Tokopedia di aplikasi Tiktok," ujarnya dalam keterangan resmi yang dikutip, Senin (8/4/2024).

Disebutkan, salah satu produk paling laris pada Idul Fitri tahun ini di Tokopedia yakni fashion Muslim. Penjualannya naik 12,5 kali lipat.

Lalu transaksi produk otomotif kasur mobil, bantal mobil, oli motor, jaket motor, sensor dan kamera mobil, rata-rata meningkat hampir 3,5 kali. Berikutnya fashion wanita maxi dress, wedges, dress denim, loafers, sepatu heels, rata-rata peningkatan transaksi lebih dari empat kali.

Lalu makanan dan minuman hampers dan parsel kue kering, biskuit dan wafer, paket sembako, puding dan jelly, minyak, rata-rata peningkatan hampir lima kali lipat. Ada pula fashion Anak dan Bayi, pakaian bayi, sandal anak, setelan anak, celana panjang anak, cardigan anak, rata-rata peningkatan transaksi hampir lima kali.

Sementara produk paling laris jelang lebaran 2024 di Shop | Tokopedia pada Aplikasi Tiktok, penjualan fashion pria naik tujuh kali lipat. Pada kategori produk kecantikan dan perawatan diri clay stick mask, body cream, serum, face cream, deodoran. Untuk Elektronik speaker bluetooth, case handphone, TWS bluetooth, charger, power bank, rata-rata peningkatan penjualannya hampir tiga kali lipat.

Ada pula fashion wanita dress, blus, dan celana. Rata-rata peningkatan transaksinya lebih dari empat kali. Berikutnya fashion Muslim tunik, gamis, mukena, abaya, rata-rata peningkatan transaksinya lebih dari enam kali.

“Guna membantu pelaku usaha meningkatkan penjualan pada Ramadhan hingga Lebaran 2024, Tokopedia dan Tiktok menghadirkan kampanye Ramadan Esktra Seru pada 27 Maret-5 April 2024," jelas Aditia.

Ia berharap, lewat kampanye ini pelaku usaha bisa mempromosikan dan menjual produknya di halaman khusus Ramadhan Ekstra Seru melalui aplikasi dan website Tokopedia, dan Shop | Tokopedia di aplikasi Tiktok. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement